Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Bahlil Dukung MTQ Antar Bangsa Digelar di Banjarmasin

Rabu, 27 Maret 2024 – 19:30 WIB
Menteri Bahlil Dukung MTQ Antar Bangsa Digelar di Banjarmasin - JPNN.COM
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mendukung MTQ Antar Bangsa di Banjarmasin. Foto: Humas Kementerian Investasi

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala BKPM H Bahlil Lahadalia mendukung sekaligus mengapresiasi digelarnya Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Antar Bangsa ke-14.

Ajang tersebut diselenggarakan oleh Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mulai 28-31 Maret 2024.

MTQ Antar Bangsa ini diikuti peserta dari 6 negara, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja dan Brunei Darussalam, dan Timur Leste.

Menurut Bahlil, konsistensi penyelenggaraan MTQ Antar Bangsa tidak hanya mendekatkan umat Islam dengan Al Qur’an, melainkan menjadi stimulan untuk melahirkan generasi qari dan Hafidz terbaik yang dapat mengharumkan nama bangsa dan memotivasi muslim lainnya meningkatkan kemampuan seni baca Al Qur’an.

"Event ini juga mampu menjalin persahabatan dan kerja sama antar bangsa di dalam ikatan Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah, dan Ukhuwah Basyariah,” ujar Bahlil, dalam keterangannya, Rabu (27/3).

Bahlil mengatakan sejak dahulu Indonesia selalu memiliki qari yang membanggakan. Misalnya, Fatwa Hadi yang berhasil menjadi juara 4 cabang Tahfidz 30 Juz dalam MTQ ke-26 tingkat internasional di Dubai, Uni Emirat Arab, 2023.

Ada juga Deden Muhammad Makhyaruddin yang berhasil meraih juara satu kategori bergengsi lomba hafalan Qur'an 30 Juz dan tafsirnya pada Musabaqah Tahfiz, Tajwid, dan Tafsir Al-Quran (MTQ) Internasional di Kairo, 2011.

“Penyelenggaraan MTQ, baik di tingkat nasional maupun internasional bukanlah sekadar ajang lomba, melainkan sebagai upaya konkret umat Islam untuk menggali nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al Qur’an agar senantiasa dijadikan sebagai pedoman hidup,” imbuh Bahlil yang juga pernah menjadi Sekretaris Umum DPW BKPRMI Papua.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mendukung MTQ Antar Bangsa di Banjarmasin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close