Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Bahlil Lupa Berapa Nilai Investasi Dalam Negeri Untuk Pembangunan Infrastruktur IKN

Kamis, 11 Juli 2024 – 16:12 WIB
Menteri Bahlil Lupa Berapa Nilai Investasi Dalam Negeri Untuk Pembangunan Infrastruktur IKN - JPNN.COM
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia di kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Kamis (11/7). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jpnn.com - SUMEDANG - Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyatakan bahwa seluruh pembangunan infrastuktur di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur terus dikebut satu bulan menjelang upacara perdana HUT RI di sana.

Bahlil mengatakan, pembangunan bandara di IKN ditargetkan rampung sebelum 17 Agustus, begitu juga dengan jalan tol sepanjang 10 km.

“IKN, kami akan upacara pada 17 Agustus di IKN dan sekarang untuk bandaranya akan jadi sebelum 17 Agustus, akan mendarat. Kemudian, tolnya juga hampir jadi ya,” kata Bahlil ditemui di kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Kamis (11/7).

“Doakan mudah-mudahan tinggal sekitar 10 km, tetapi andaikan gak selesai akan keluar di jalan utama dan semuanya sudah aspal,” imbuhnya.

Bahlil juga menjelaskan soal investasi di IKN. Kata dia, di klaster pertama investasi sepenuhnya ditanggung PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri), baru klaster kedua dari modal asing.

“Pada klaster pertama ini, umpamanya Istana, itu Sarinah-nya lah, ya, Sarinah, Menteng. Ini semuanya PMDN, kenapa PMDN? Karena kami pikir bahwa ini klaster yang sangat inti, nanti klaster keduanya baru ada investasi asing PMA,” ujarnya.

Alasannya, pada pembangunan klaster pertama ini ia ingin sepenuhnya dimiliki oleh orang Indonesia.

“Kemarin saya di DPR sampaikan bahwa pada klaster pertama totalnya semua PMDN, tidak ada PMA, nanti klaster kedua baru PMA, kenapa itu? Karena ini kami ingin klaster pertama tempatnya sangat strategis harus dimiliki oleh orang Indonesia semua, nanti klaster keduanya baru asing,” ujarnya.

Bahlil bilang klaster pertama investasi sepenuhnya ditanggung PMDN, baru klaster kedua dari modal asing.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close