Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Bahlil Menentang Rekomendasi IMF, Politikus PKS Merespons, Tegas

Kamis, 13 Juli 2023 – 18:16 WIB
Menteri Bahlil Menentang Rekomendasi IMF, Politikus PKS Merespons, Tegas - JPNN.COM
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menentang rekomendasi Dana Moneter Internasional (IMF) untuk meninjau ulang larangan ekspor bijih nikel dan komoditas lainnya. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menentang rekomendasi Dana Moneter Internasional (IMF) untuk meninjau ulang larangan ekspor bijih nikel dan komoditas lainnya.

Bahlil menegaskan pelarangan ekspor mineral mentah akan tetap dilakukan pemerintah demi fokus melakukan transformasi ekonomi Indonesia melalui hilirisasi yang dapat memberikan nilai tambah dan juga menyangkut kedaulatan negara.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mulyanto yang juga anggota DPR RI Komisi VII mendukung sikap Menteri Bahlil, meskipun partainya menjadi oposisi pemerintah.

Mulyono menilai IMF sudah melampaui batas dengan mencoba mengganggu kedaulatan negara Indonesia.

"Kalau kami ini kan DPR RI apalagi PKS ini oposisi, ya.Namun, terkait IMF cawe-cawe ini kami enggak bisa terima,” tegas Mulyanto  dikutip dari diskusi di stasiun TV swasta nasional, Kamis (13/7/2023).

Menurut Mulyanto, Indonesia sebagai negara yang merdeka dan berdaulat memiliki strategi dan kepentingan nasional tersendiri dalam mensejahterakan bangsanya, tidak boleh ada lembaga atau negara lain ikut campur bahkan merusak apa yang sudah direncanakan.

"Jadi, ini terkait apa sebagai negara yang berdaulat kita punya nasional interest yang khusus ya kan kemudian geostrategi kita dengan pembangunan nasional merancang secara bertahap,” paparnya.

Mulyanto menambahkan sejak zaman Presiden ke-3 B.J. Habibie kebijakan pengolahan sumber daya alam yang memberikan nilai tambah bagi ekonomi masyarakat dan negara sudah dilakukan.

Menteri Bahlil Lahadalia menentang rekomendasi IMF untuk meninjau ulang larangan ekspor bijih nikel dan komoditas lainnya. Politikus PKS merespons, tegas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close