Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Bahlil Punya Kabar Menggembirakan dari Kerja Sama Pertamina - Chevron

Sabtu, 14 Mei 2022 – 09:16 WIB
Menteri Bahlil Punya Kabar Menggembirakan dari Kerja Sama Pertamina - Chevron - JPNN.COM
Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia bicara kerja sama pertamina - chevron. Foto: arsip jpnn.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia berharap kerja sama antara PT Pertamina (Persero) dan Chevron membuat Indonesia menjadi pusat industri berbasis energi baru terbarukan.

Bahlil meyakini tujuan Indonesia sebagai salah satu pusat industri hilirisasi yang berbasis energi baru terbarukan dapat terlaksana.

"Hampir semua negara di belahan dunia, tidak akan mungkin investasi masuk kalau tidak ada kesiapan untuk energi baru terbarukan," ujar Bahlil saat menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di Washington DC, Jumat (13/5).

Bahlil mengatakan Chevron dan Pertamina berencana mengoptimalisasikan geotermal atau energi yang bersumber dari panas bumi dengan total investasi sekitar USD 10 miliar atau Rp 146,42 triliun selama 10 tahun ke depan.

Selain itu, Chevron dan Pertamina berencana mempertimbangkan teknologi panas bumi baru, penyeimbangan karbon melalui solusi berbasis alam, seperti penangkapan, pemanfaatan dan penyimpanan karbon, serta pengembangan, produksi, penyimpanan, transportasi hidrogen dengan rendah karbon.

"Kerja sama ini merupakan bagian dari upaya kedua perusahaan untuk mendukung target net zero emission pemerintah Indonesia pada 2060," kata Bahlil.

Pertamina berkomitmen meningkatkan bauran energi terbarukan dari 9,2 persen pada 2019 menjadi 17,7 persen pada 2030.

Di samping itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan Pertamina sebagai BUMN energi terbesar di Indonesia terus berkomitmen mempercepat transisi energi sesuai dengan target pemerintah.

PT Pertamina (Persero) dan Chevron membuat Indonesia menjadi pusat industri berbasis energi baru terbarukan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close