Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Bahlil Tegaskan Komitmen Pemerintah Kembangkan Daya Saing UMKM

Minggu, 26 Desember 2021 – 23:18 WIB
Menteri Bahlil Tegaskan Komitmen Pemerintah Kembangkan Daya Saing UMKM - JPNN.COM
Menteri Investasi menegaskan komitmen pemerintah untuk terus mengembangkan daya saing UMKM. Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan benteng ketahanan ekonomi nasional.

Karena itu, negara berkomitmen untuk terus mengembangkan daya saing UMKM.

"Salah satunya dengan mempermudah pengurusan NIB (Nomor Induk Berusaha (NIB) berbasis OSS (sistem online single submission) yang dapat dilakukan melalui telepon genggam," ujar Bahlil dalam keterangannya dipublikasikan Minggu (26/12).

Bahlil sebelumnya juga menyatakan hal senada saat menyerahkan NIB pada sekitar 300 pelaku UMKM binaan PT HM Sampoerna Tbk, di Bandung pada 13 Desember lalu dan di Surabaya pada 22 Desember.

NIB berfungsi sebagai identitas dan legalitas para pelaku UMKM.

Selain itu, juga berfungsi sebagai perizinan tunggal yang diharapkan dapat membantu perkembangan usaha pelaku UMKM mulai dari kemudahan mendapatkan izin Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Sertifikasi Jaminan Produk Halal (SJPH), hingga akses permodalan.

Para pelaku UMKM binaan Sampoerna terdiri dari wirausahawan yang tergabung dalam Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) serta pemilik toko kelontong anggota Sampoerna Retail Community (SRC).

Menurut Bahlil, pemerintah telah menerbitkan sekitar 430 ribu NIB sejak 9 Agustus lalu.

Menteri Bahlil menegaskan komitmen pemerintah untuk terus mengembangkan daya saing UMKM yang merupakan benteng ketahanan ekonomi nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close