Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Keuangan Beber Tujuan Penyatuan NIK dan NPWP

Selasa, 05 Oktober 2021 – 06:39 WIB
Menteri Keuangan Beber Tujuan Penyatuan NIK dan NPWP - JPNN.COM
Menteri Keuangan Sri Mulyani membeberkan penambahan fungsi NIK dan NPWP jadi satu. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani membeberkan penambahan fungsi Nomor Induk Kependudukan (NIK) menjadi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Menurut Sri Mulyani, hal itu bisa meningkatkan efisiensi dan efektivitas.

"Terutama untuk Direktorat Jenderal Pajak dalam mengelola berbagai macam tugas-tugas yang berhubungan dengan kewajiban perpajakan, orang pribadi," kata MenkeuSri Mulyani dalam acara pelantikan pejabat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Jakarta, Senin.

Sri Mulyani berharap tidak ada gejolak dalam masa transisi penambahan fungsi NIK tersebut, baik dari segi teknis maupun organisasi.

Menteri Keuangan Terbaik versi Global Markets itu memaparkan penambahan fungsi NIK menjadi NPWP merupakan salah satu bentuk reformasi perpajakan yang tertuang dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP).

RUU HPP merupakan salah satu kebijakan baru yang dibawa ke Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Lalu Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, dan RUU Hubungan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah (HKPD) yang sedang dibahas, adalah pondasi baru dalam reformasi perpajakan.

"Ini semua harus segera dilengkapi dengan peraturan-peraturan di bawahnya dan juga dari sisi proses bisnis, serta kesiapan organisasinya," ujar Menkeu Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengingatkan agar seluruh jajaran Kemenkeu jangan sampai salah langkah dalam memformulasikan peraturan teknis seluruh kebijakan tersebut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani membeberkan penambahan fungsi NIK dan NPWP jadi satu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close