Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri LHK Resmikan Ekoriparian di UMRI, Dorong Kelestarian Lingkungan dan Ekonomi

Senin, 30 September 2024 – 19:22 WIB
Menteri LHK Resmikan Ekoriparian di UMRI, Dorong Kelestarian Lingkungan dan Ekonomi - JPNN.COM
Moment Siti Nurbaya memotong pita sebagai tanda peresmian kawasan ekoriparian di kampus Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI). Foto: Source For JPNN.com.

jpnn.com, PEKANBARU - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya meresmikan kawasan ekoriparian di kampus Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), Senin (30/9/2024).

Kawasan ini merupakan hasil kolaborasi PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan SKK Migas yang bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Ekoriparian UMRI dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti pengolahan limbah air, pembangkit listrik tenaga surya,taman kehati, dan area UMKM.

Selain berfungsi sebagai pusat edukasi lingkungan, kawasan ini juga diharapkan dapat menjadi destinasi wisata baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengapresiasi inisiatif PHR dalam membangun ekoriparian. Menurutnya, proyek ini sangat relevan dalam mengatasi permasalahan lingkungan dan memiliki banyak manfaat, mulai dari aspek ekologis, sosial, hingga ekonomi.

“Pada dasarnya langkah ekoriparian ini sudah benar dan sangat baik. Relevansi sosial terhadap persoalan lingkungannya bisa kita atasi. Taman mangrove di sini bisa memperkaya keberagaman hayati dan memperkuat ekosistem yang ada," kata Siti Nurbaya.

Menurut Siti, Kementerian LHK mendukung penuh program ekoriparian yang telah dilaksanakan sejak 2017 lalu.

Program ekoriparian ini terus berjalan dan tidak akan berhenti, karena projek ini diawasi dengan tenaga ahli dan proses teknisnya membutuhkan profesional di bidangnya.

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama Kementerian LHK dan SKK Migas meresmikan kawasan ekoriparian di kampus Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), Senin (30/9).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA