Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Lukman Kembali Pimpin Amirul Hajj 2019

Senin, 15 Juli 2019 – 20:28 WIB
Menteri Lukman Kembali Pimpin Amirul Hajj 2019 - JPNN.COM
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin kembali jadi Amirul Hajj 2019. Ini untuk keenam kalinya Menteri Lukman memimpin delegasi Amirul Hajj dalam penyelenggaraan ibadah haji 1440H/2019 M.

“Selaku menag, bapak presiden menetapkan saya sebagai Amirul Hajj untuk tahun ini,” kata Menteri Lukman di Jakarta, Senin (15/7).

Penunjukan Amirul Hajj sesuai dengan Taklimatul Hajj yang dikeluarkan pemerintah Arab Saudi. Setiap negara harus menetapkan ketua misi haji yang bertanggung jawab pada setiap negara. Kemudian dikenal dengan Amirul Hajj.

“Sejak beberapa tahun terakhir, memang bapak presiden menetapkan menag sebagai Amirul Hajj,” kata politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Sebagai Amirul Hajj, Menag didampingi anggota delegasi yang berjumlah 13 orang, terdiri dari dua orang naib (wakil), satu sekretaris, delapan anggota, dan dua tim sekretariat. Mereka merupakan perwakilan dari ormas-ormas Islam.

Rombongan delegasi rencananya akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada 30 Juli dan akan kembali ke Tanah Air pada 18 Agustus.(esy/jpnn)

Susunan Delegasi Amirul Hajj Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1440H/2019M

1. Amirul Hajj : Lukman Hakim Saifuddin (Menteri Agama)
2. Naib Amirul Hajj : A. Bunyamin Ruhiyat (PB NU); dan M. Busyro Muqaddas (Muhammadiyah)
3. Sekretaris : Muchlis M. Hanafi (Kemenag)
4. Anggota : Hamid Balfas (Al Irsyad Al Islamiyah), Yusnar Yusuf Rangkuti (Al Washliyah), Imam Addaruqutni (DMI), Hamzah Harun Al Rasyid (UIN Alauddin Makassar), Rofiqul Umam Noeril Huda (MUI), Umar Al Haddad (Rabithah al Alawiyah), Ali Machfudon Abdillah (JATMAN), dan Pattiselano Roberth Johan (Kemenkes)
5. Staf Sekretariat : Ahmad Zayadi (Kemenag), dan Khoirul Huda Basyir (Kemenag)

Penunjukan Amirul Hajj sesuai dengan Taklimatul Hajj yang dikeluarkan pemerintah Arab Saudi. Setiap negara harus menetapkan ketua misi haji yang bertanggung jawab pada setiap negara.

Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close