Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Siti Dorong Solusi Permanen Soal Karhutla

Sabtu, 19 September 2020 – 23:28 WIB
Menteri Siti Dorong Solusi Permanen Soal Karhutla - JPNN.COM
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan(LHK), Siti Nurbaya saat menyimpulkan rapat teknis setelah mencermati laporan kondisi iklim September 2020 hingga Februari 2021 dari Kepala BMKG Prof Dwikorita. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan(LHK), Siti Nurbaya membahas prediksi, evaluasi cuaca dan iklim untuk antisipasi Karhutla dan banjir di Indonesia bersama-sama dengan  Kepala BNPB, BMKG, BPPT, BRG, dan ahli Klimatologi  serta pejabat eselon I lintas kementerian/lembaga.

“Hingga saat ini semua pihak masih melaksanakan kerja lapangan yang terbaik bagi segenap rakyat Indonesia,” ujar Menteri Siti Nurbaya saat memimpin rapat prediksi, evaluasi cuaca dan iklim untuk antisipasi Karhutla dan banjir di Indonesia, di Jakarta, Jumat (18/9).

Dari rekomendasi BMKG, Indonesia masih harus terus mewaspadai anomali cuaca. Tantangan yang dihadapi adalah luasnya wilayah, dan berbagai persoalan dinamis di tiap daerah yang berbeda-beda dengan variabilitas cuaca atau micro-climate yang juga  dapat berbeda antar wilayah.

Contohnya, bila tahun lalu pada periode ini kita berhadapan dengan ancaman karhutla, maka tahun ini beberapa wilayah dilaporkan sedang terjadi banjir. Ini semua harus bersama-sama dicermati dan antisipasi.

“Khusus untuk Karhutla, terus diikuti perkembangan hotspot setiap hari. Evaluasi laporan dari lapangan dipantau setiap pagi dan malam. Ini juga penting untuk melihat efektifitas kerja pengendalian Karhutla, terutama di masa pandemi,” ujar Menteri Siti.

Pada saat ini tercatat jumlah hotspots sebanyak 1.651 dari Januari - September saat ini dan tahun 2019 pada periode yang sama tercatat 18.333  hotspots, atau terjadi penurunan hotspots  sebanyak 91 %.

Ada beberapa catatan penting dari diskusi teknis yakti bahwa hingga Oktober, kerja tekhnologi modifikasi cuaca (TMC) untuk membasahi gambut, mengisi kanal dan embung, tetap akan dilakukan.

“TMC untuk wilayah Riau, Jambi dan Sumsel dan diproyeksikan sudah akan daoat dihentikan pada Akhir Oktober. Kemudian  pada November akan diintensifkan untuk Kalsel dan Kaltim. Sementara itu secara khusus berdasarkan cuaca, perlu dipantau cuaca sampai dengan Desember untuk Aceh-Sumut,” ujar Menteri Siti Nurbaya saat menyimpulkan rapat teknis setelah mencermati laporan kondisi iklim September 2020 hingga Februari 2021 dari Kepala BMKG Prof Dwikorita.

Untuk keperluan pencegahan permanen terhadap persoalan Karhutla, sudah dilakukan uji coba modifikasi cuaca tahun ini sejak Februari 2020 di Riau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close