Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Siti Optimistis Bisa Mencapai Target Zero Waste 2030

Kamis, 12 Januari 2023 – 07:05 WIB
Menteri Siti Optimistis Bisa Mencapai Target Zero Waste 2030 - JPNN.COM
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya saat mengunjungi Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Mengwitani Kabupaten Badung dan TPST TOSS (Tempat Olah Sampah Sendiri), Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali, Rabu (11/1/2023). Foto: KLHK

jpnn.com, BALI - Melanjutkan kerja in-cognito lapangan menuntaskan masalah sampah di Indonesia, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengunjungi Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Mengwitani Kabupaten Badung dan TPST TOSS (Tempat Olah Sampah Sendiri), Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali, Rabu (11/1/2023).

Dari kunjungan kerja ini, Menteri Siti melihat proses pengolahan sampah di Provinsi Bali telah cukup maju.

“Peran Pemerintah Daerah Kabupaten cukup menonjol didukung oleh Pemerintah Pusat, Asosiasi Pengusaha Sampah dan juga dukungan swasta secara terbatas,” ujar Menteri Siti.

Di TPST tersebut, sampah yang masuk tercatat 17 ton per hari dengan komposisi 64 persen organik.

Hasil olahan sampah di TPST tersebut di antaranya menghasilkan kompos untuk keperluan keseharian pupuk dan tanaman, bahan bricket RDF yang dikerjasamakan dengan PT Pembangkit Jawa Bali (PJB), sebagai co-firing batu bara.

“Masih ada residu ke TPA sekitar 10 persen ini bagian yang harus diintevensi dalam konsepsi penyelesaian sampah secara tuntas," imbuh Menteri Siti.

Dalam kerja incognito ini, pada hari sebelumnya ia juga mengunjungi Bank Sampah Benteng Kreasi Sentul City Recycle Center, Bogor, yang dinobatkan sebagai Bank Sampah Terbaik tahun 2021 lalu.

Melihat kemajuan pengelolaan sampah di Indonesia, Menteri Siti mengatakan penyelesaian strategis persoalan sampah memerlukan kombinasi kerja kepemimpinan Pemda/Kepala Daerah, kelompok swadaya masyarakat, dunia usaha, BUMD/swasta, dan itu mulai terlihat makin masif sejak tahun 2016.

Menteri Siti Nurbaya mengatakan KLHK akan terus melakukan excercise untuk zero emission, selain zero waste di 2030.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close