Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menurut Adi, Elektabilitas Anies Jauh di Atas Risma, Ganjar, Ridwan Kamil

Sabtu, 25 Januari 2020 – 13:02 WIB
Menurut Adi, Elektabilitas Anies Jauh di Atas Risma, Ganjar, Ridwan Kamil - JPNN.COM
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Adi Prayitno mengatakan, hasil survei sejumlah lembaga selama ini cenderung memperlihatkan elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jauh di atas kepala daerah lain yang sering dikait-kaitkan publik potensial maju di Pilpres 2024.

Baik itu dibanding Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, maupun Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

"Kenapa Anies sangat potensial di Pilpres 2024? Karena sepengetahuan saya elektabilitasnya leading. Opini publik selalu menempatkan Anies di atas rata-rata," ujar Adi kepada jpnn.com, Sabtu (25/1).

Dosen di Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah Jakarta ini membenarkan, elektabilitas Anies memang lebih rendah dibanding Presiden Joko Widodo, Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Di bawah tiga nama itu, saya kira Anies selalu menjadi top of mine dibanding pendatang-pendatang baru. Misalnya Risma, Ganjar, dan Ridwan Kamil. Anies itu rankingnya selalu di atas dan itu konsisten," ucapnya.

Meski demikian, direktur eksekutif Parameter Politik Indonesia ini belum membeberkan hasil terbaru survei yang dilakukan lembaganya, terkait elektabilitas para kepala daerah maupun bakal calon pemimpin nasional di masa depan.

Sementara terkait kontroversi pro-kontra kebijakan Anies di media sosial, Adi memprediksi mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu diuntungkan dari sisi popularitas.

"Ada kecenderungan, semakin Anies di-bully, semakin dikata-katain, maka dia semakin sering diperbincangkan publik dan semakin disukai," pungkas Adi. (gir/jpnn)
Pak Jokowi Ditungguin:

Dibandingkan dengan Tri Rismaharini, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil, Adi mengklaim elektabilitas Anies Baswedan di posisi teratas.

Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close