Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menurut BNPB Ini Tiga Penyebab Longsor di Sukajaya Bogor

Sabtu, 18 Januari 2020 – 19:41 WIB
Menurut BNPB Ini Tiga Penyebab Longsor di Sukajaya Bogor - JPNN.COM
Kepala BNPB Doni Monardo bersama Bupati Bogor Ade Yasin dan Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono saat meninjau lokasi bencana di Kabupaten Bogor, Sabtu (18/1). Foto: ANTARA/HO-Humas Pemkab Bogor

jpnn.com, BOGOR - Kepala BNPB Doni Monardo menyatakan, tiga penyebab terjadinya longsor di Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat hasil penelitian bersama Badan Geologi, Badan Informasi Geospasial (BIG), dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

"Persoalannya adalah yang berhubungan dengan masalah tambang, kedua ilegal loging, kemudian alih fungsi yang disebabkan untuk perkebunan pertanian juga permukiman," ujar Doni Monardo usai meninjau lokasi bencana di Kabupaten Bogor dari helikopter bersama Bupati Bogor Ade Yasin, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, serta Ditjen KLHK, Sabtu (18/1).

Menurutnya, dari ketinggian nampak ratusan bangunan tenda yang bekas digunakan penambang liar atau gurandil di hulu Gunung Halimun.

"Harus kami katakan apa adanya, di bagian hulu, terutama di kawasan Gunung Halimun itu ditemukan ada ratusan bangunan-bangunan tenda yang semula digunakan oleh gurandil. Ini tentunya, tidak bisa dibiarkan," bebernya.

Sementara itu, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono mengatakan bahwa Kepolisian siap menindak tegas para gurandil dan pelaku ilegal loging, sesuai yang sudah diintruksikan oleh Kapolri Jenderal Idahm Aziz.

"Akan ditindak secara tegas baik tambang liar maupun ilegal logging. Ini sudah arahan dan perintah dari Bapak Kapolri, dan juga menjadi arahan dari Bapak Presiden kepada kita semua," kata Gatot.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan bahwa sudah menyerahkan masalah sanksi hukum para pelaku perusak lingkungan di Kabupaten Bogor kepada institusi yang berwenang.

"Untuk yang lainnya seperti persoalan hukum, kami serahkan kepada beliau-beliau di atas menindaklanjuti penyebab dari kejadian longsor dan banjir ini. Saya berharap dituntaskan," tuturnya.

Masalah tambang, ilegal loging dan alih fungsi lahan menjadi penyebab longsor yang terjadi di Sukajaya Bogor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close