Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menurut Mahfud MD, Ada Kelompok Ingin terjadi Pergolakan, Siapa tuh?

Sabtu, 24 Juli 2021 – 15:48 WIB
Menurut Mahfud MD, Ada Kelompok Ingin terjadi Pergolakan, Siapa tuh? - JPNN.COM
Petugas gabungan dari TNI dan Polri di pos penyekatan PPKM Darurat di Jalan Daan Mogot, Kalideres, Jakarta Barat, Senin (5/7). Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dalam beberapa hari terakhir, muncul seruan aksi demo tolak PPKM di sejumlah daerah. Dikabarkan aksi juga akan berlangsung di Depan Istana Negara, Jakarta Pusat, Sabtu 24 Juli 2021.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut setiap negara menghadapi pergolakan semasa pandemi Covid-19. Sebab, penanggulangan pandemi berurusan dengan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat.

Di negara berkembang seperti Indonesia, kata Mahfud MD, narasi yang berkembang yaitu PPKM akan mengganggu ekonomi rakyat kecil.

"Di negara maju, resistensi terhadap pembatasan itu adalah kehilangan kebebasan atau hilangnya kebebasan di masyarakat," kata eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu dalam konferensi pers yang disiarkan Kemenko Polhukam di YouTube, Sabtu (24/7).

Khusus di Indonesia, Mahfud menyadari ada gerakan tertentu yang dilancarkan melalui media sosial. Kemudian mengajak masyarakat menggelar aksi atas kebijakan Indonesia menanggulangi pandemi COVID-19.

"Saya katakan itu di mana-mana terjadi dan di Indonesia terjadi juga aksi-aksi yang dilakukan terhadap pemerintah dalam menangani Covid-19," tutur pria kelahiran Sampang, Jawa Timur, itu.

Pemerintah, lanjutnya, menganalisis aspirasi yang muncul dari masyarakat. Aspirasi itu ada yang murni dan ada yang tidak.

Bagi kelompok yang murni menyampaikan aspirasi, berbicara tentang pentingnya menjaga keseimbangan sektor kesehatan dan ekonomi di dalam menanggulangi pandemi.

Menko Polhukam Mahfud MD menyebut ada kelompok di masyarakat yang menginginkan terjadi pergolakan di masa pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close