Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menurut Tjahjo, Dua Hal Ini yang Harus Dilakukan Parpol

Selasa, 19 Juli 2016 – 13:37 WIB
Menurut Tjahjo, Dua Hal Ini yang Harus Dilakukan Parpol - JPNN.COM
Tjahjo Kumolo. Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, sangat penting menciptakan partisipasi warga yang dibangun berdasarkan kesadaran dan rasionalitas yang mantap.‎ Karena tanpa hal tersebut, sulit penerapan sistem pembangunan politik dapat berjalan dengan baik.

"Jadi partisipasi warga harus dibangun berdasarkan kesadaran dan rasionalitas yang mantap. Dengan demikian penerapan sistem pembangunan politik dapat berjalan dengan baik," ujar Tjahjo, Selasa (19/7).

Selain itu, ‎mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini juga mengatakan, ketika pemerintah membuat kebijakan publik yang sesuai dengan aspirasi rakyat, maka harus ada mekanisme sistematis yang mampu menyerap aspirasi rakyat yang begitu beragam dan mentransformasikannya menjadi sebuah kebijakan yang ideal.

"Pertanyaannya, bagaimana cara menyatukan atau mengelola aspirasi rakyat yang acap kali bertentangan tersebut? Solusinya, pemerintah perlu mendorong pembangunan partai politik yang mantap dan modern," ujar Tjahjo.

Menurut Tjahjo, ‎agar menjadi jembatan yang kokoh, setidaknya ada dua hal yang harus dilakukan oleh partai politik. Yaitu, mendorong birokrasi menjadi lebih baik dan mendidik rakyat menjadi lebih cerdas.

"Karena di tengah rakyat yang cerdas akan lahir pemimpin-pemimpin yang baik," ujarnya

Mantan anggota DPR ini menilai, kedua misi tersebut merupakan keniscayaan yang perlu dilakukan oleh parpol, jika ingin melihat Indonesia menjadi negara demokrasi besar yang berkesejahteraan, serta semakin disegani dan menjadi tauladan masyarakat dunia.‎(gir/jpnn)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, sangat penting menciptakan partisipasi warga yang dibangun berdasarkan kesadaran

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close