Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Merananya Nasib Hononer K2, Gaji Murah Banget, Tidak Punya BPJS Lagi

Minggu, 09 Agustus 2020 – 14:41 WIB
Merananya Nasib Hononer K2, Gaji Murah Banget, Tidak Punya BPJS Lagi - JPNN.COM
Honorer K2. ILUSTRASI. Foto: Dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Daerah Perkumpulan Hononer K2 Indonesia (PHK2I) Kabupaten Magelang Nunik Nugroho mengungkapkan, pemberian bansos untuk pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta patut dipertanyakan.

Pasalnya, untuk mendapatkan bansos syaratnya harus terdaftar dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

"Lah kalau syaratnya harus ada kartu BPJS ya susah. Sudah pasti honorer K2 tidak dapat bansos itu karena kami kan tidak terdaftar di BPJS walaupun gaji kami sangat rendah," terangnya kepada JPNN.com, Minggu (9/8).

Dia menyebutkan, meski bekerja belasan hingga puluhan tahun di instansi pemerintah, tetapi mereka justru tidak sejahtera. Dilihat dari gaji yang diberikan sangat minim, di bawah standar UMR (upah minimum regional).

"Semua honorer tidak ada yang didaftarkan BPJS ketenagakerjaan. Kalau BPJS ketenagakerjaan menjadi sarat, otomatis kami enggak masuk kriteria," ucapnya.

Seharusnya, kata Nunik, mulai sekarang masing masing dinas, kementrian membuat surat perintah kepada kepala daerah agar honorer bisa dimasukkan ke BPJS ketenagakerjaan. Sebab, dilihat gaji, status sudah memenuhi persaratan.

"Honorer adalah penyumbang kekurangan tenaga aparatur sipil negara (ASN) yang telah mengabdikan tenaga, ilmu dan pikiran kepada negara. Gaji tenaga honorer sangatlah jauh dari batas ambang minimal standar yang dipersyaratkan pemerintah sebesar Rp5 juta," tandasnya. (esy/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Sudah pasti honorer K2 tidak dapat bansos itu karena kami kan tidak terdaftar di BPJS, walaupun gaji kami sangat rendah.

Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close