Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Merasa Dizalimi, Perhimpunan SMP Swasta Ancam Boikot Perayaan HUT RI

Kamis, 03 Agustus 2017 – 14:54 WIB
Merasa Dizalimi, Perhimpunan SMP Swasta Ancam Boikot Perayaan HUT RI - JPNN.COM
Upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI. Foto/ilustrasi: dokumen Jawa Pos

jpnn.com, GIANYAR - Perhimpunan sekolah menengah pertama (SMP) swasta se-Kabupaten Gianyar mengancam akan memboikot perayaan hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-72. Ancaman itu sebagai bentuk protes karena merasa kecewa lantaran tak diperhatikan pemerintah.

Kekecewaan itu terpicu saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Juni lalu. Ada 700 siswa di 21 SMP swasta beralih ke SMP negeri.

Kepala SMP Swasta Keramas, I Wayan Sudira menyatakan, PPDB yang berlangsung Juni lalu telah merugikan sekolah swasta di Gianyar. Penerapan Peraturan Gubernur tentang PPDB dinilai keliru.

Menurut Sudira, Pergub itu mencantumkan gelombang kedua PPDB untuk SMA/SMK. Kenyataannya, aturan itu malah dijadikan dasar untuk menggiring siswa SMP swasta ke negeri.

“Pemerintah Gianyar keliru mengartikan Pergub. Pada Pergub terbaru itu tentang PPDB gelombang kedua bagi SMA dan SMK bukan SMP,” ujar Sudira.

Akibatnya, banyak siswa yang sudah terdaftar di SMP swasta bermigrasi ke SMP negeri. Sudira mencatat, ada 700-an siswa dari 21 SMP swasta pindah.

“Kalau di sekolah kami, kehilangan 66 siswa karena pindah ke sekolah negeri, dari awalnya 192 menjadi 126 siswa ,” keluhnya.

Selain menyalahkan Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar, Sudira menuding DPRD Gianyar ikut memicu migrasi siswa swasta ke negeri. Pasalnya, DPRD sempat mendesak penambahan rombongan belajar (rombel) di sejumlah SMP negeri.

Perhimpunan sekolah menengah pertama (SMP) swasta se-Kabupaten Gianyar mengancam akan memboikot perayaan hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-72. Ancaman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   HUT RI  PPDB  Gianyar  Bali 
BERITA LAINNYA
X Close