Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Merespons Rencana Kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia, FMKI Tangerang Raya Soroti Masa Depan Dunia

Senin, 01 Juli 2024 – 10:21 WIB
Merespons Rencana Kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia, FMKI Tangerang Raya Soroti Masa Depan Dunia - JPNN.COM
Ketua Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI) Tangerang Raya Christopher Nugroho. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI) Tangerang Raya Christopher Nugroho merespons rencana Paus Fransiskus berkunjung di Indonesia pasa awal September mendatang.

Menurut Christopher, kunjungan Paus Fransiskus ke berbagai negara, termasuk Indonesia, perlu dimaknai sebagai upaya sungguh-sungguh Gereja Katolik dalam menawarkan gagasan dan solusi untuk masa depan dunia yang lebih baik.

Chris sapaan Christopher Nugroho menjelasakan masa depan dunia yang lebih baik itu berkaitan dengan perdamaian, hak asasi manusia, penghentian perang, kerja sama antarumat beragama, mengatasi kerusakan lingkungan dan perubahan iklim.

“Hal lainnya berkaitan dengan peran keluarga dan orang muda serta mewujudkan tatanan dunia yang lebih adil untuk semua,” ujar Christopher Nugroho kepada JPNN.com pada Senin (1/7/2024).

Oleh karena itu, Christopher berpandangan selain ajakan untuk berdoa, dirinya juga mengusulkan agar setiap Keuskupan dan Paroki menyelenggarakan dialog/seminar/diskusi/podcast dan lain-lain terkait berbagai seruan dan ensiklik dari Paus Fransiskus.

“Kami berharap kegiatan ini melibatkan peserta dan narasumber dari semua agama dan kepercayaan sehingga pesan dari Bapa Paus bisa menggema ke seluruh Indonesia,” ujar Christopher.

Christopher juga mengusulkan melakukan aksi nyata di lingkungan dan wilayah masing-masing seperti bakti sosial, kunjungan ke orang sakit, penanaman pohon, dan lain-lainnya.

Dengan ini pula, seluruh anggota Gereja Katolik di Indonesia menyambut dan merayakan bukan hanya kehadiran fisik Bapa Paus Fransiskus, tetapi juga menyambut dan menyebarkan gagasan Gereja Katolik tentang masa depan dunia yang lebih baik.(fri/jpnn)

Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia perlu dimaknai sebagai upaya Gereja Katolik dalam menawarkan gagasan dan solusi untuk masa depan dunia lebih baik.

Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close