Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mesin Cetak Uang Dijual Rp2 Miliar

Sabtu, 01 Oktober 2011 – 22:39 WIB
Mesin Cetak Uang Dijual Rp2 Miliar - JPNN.COM
SIBOLGA-Mesin cetak mata uang yang diberi nama ORITA (Oeang Repoeblik Tapanuloe) yang pada masa keresidenan dahulu di wilayah Tapanuli yang sudah dipercaya pemerintah saat itu untuk mencetak mata uang sendiri, akan dijual keturunan Philemon Bin Arun Siregar selaku pemilik, seharga Rp2 miliar.

Kepada Metro Tapanuli (Grup JPNN), Ebenezer Siregar (52), salah seorang cucu Philemon Bin Arun Siregar, menjelaskan, keberadaan mesin cetak uang ORITA sebagai bukti sejarah perjuangan masyarakat Tapanuli untuk melawan Belanda yang sempat beroperasi di Kecamatan Sitahuis dan Desa Nagatimbul Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

“Saat ini mesin cetak uang ORITA sebagai mata uang Republik Tapanuli waktu tersebut masih di simpan di rumah kawan abang saya, bang Dani Siregar warga Kelurahan Pasar Belakang Kecamatan Sibolga Kota,” ujar Eben Siregar seraya menyatakan nama abangnya Horas Siregar yang saat ini berada di Jakarta.

Eben Siregar menuturkan, bahwa pada tahun 2004 lalu, abangnya (Horas Siregar-red) sudah sepakat kerjasama untuk membuka percetakan dengan menggunakan mesin cetak uag ORITA. Hanya saja waktu itu keadaan mesin cetak sudah tua jadi kecepatannya sudah berkurang dibandingkan dengan mesin cetak yang baru.

SIBOLGA-Mesin cetak mata uang yang diberi nama ORITA (Oeang Repoeblik Tapanuloe) yang pada masa keresidenan dahulu di wilayah Tapanuli yang sudah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close