Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mesir Akui Bangun Pembatas

Rabu, 23 Desember 2009 – 04:38 WIB
Mesir Akui Bangun Pembatas - JPNN.COM
BATAS - Pembangunan rangkaian pembatas di sepanjang perbatasan Mesir dengan Jalur Gaza, yang diyakini terbuat dari lempeng-lempeng baja dan pipa-pipa yang ditanam jauh ke dalam tanah. Foto: AFP.
KAIRO - Menteri Luar Negeri (Menlu) Mesir mengeluarkan pernyataan yang mengakui bahwa mereka tengah membangun pagar pembatas di sepanjang perbatasan negeri itu dengan Jalur Gaza. Dikatakan Menlu Ahmed Aboul Gheit, pembangunan itu ditujukan tak lain untuk "melindungi (kami) dari ancaman terhadap keamanan nasional".

Pernyataan Aboul Gheit itu, sebagaimana diberitakan melalui kantor berita lokal, Mena, Selasa (22/12) waktu setempat, serta dirilis Al Jazeera dinihari tadi, merupakan juga pengakuan resmi pertama kali dari pemerintah Mesir. Sementara untuk diketahui, kabar pembangunan fasilitas itu selama ini pun sudah dikritik habis oleh Hamas.

Gheit juga memaparkan bahwa aktivitas yang tengah mereka lakukan saat ini di perbatasan melibatkan antara lain program konstruksi, pekerjaan engineering, serta (menggunakan) peralatan ultrasound. Oleh sejumlah pihak, pagar pembatas dimaksud sejauh ini diyakini terdiri dari beberapa sambungan lembar-lembar baja dan pipa-pipa yang bakal ditanam jauh ke bawah tanah, dengan tujuan mencegah pembangunan terowongan-terowongan penyelundupan di bawah perbatasan sepanjang 14 km itu.

Pihak Israel telah berulang kali mengeluhkan bahwa Mesir tak melakukan upaya yang cukup guna mencegah penyelundupan ke Gaza melalui terowongan-terowongan, yang menurut mereka digunakan untuk menyuplai kelompok Hamas dengan peledak dan senjata. Namun dalam beberapa bulan terakhir, pemerintah Kairo justru melaporkan sudah menghancurkan sejumlah besar terowongan, dengan dibantu peralatan deteksi yang disediakan Amerika Serikat.

KAIRO - Menteri Luar Negeri (Menlu) Mesir mengeluarkan pernyataan yang mengakui bahwa mereka tengah membangun pagar pembatas di sepanjang perbatasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close