Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Metode Multiple Intelligence Diyakini dapat Merangsang Kecerdasan Anak  

Minggu, 22 Desember 2019 – 21:22 WIB
Metode Multiple Intelligence Diyakini dapat Merangsang Kecerdasan Anak   - JPNN.COM
Kegiatan anak Starisa School. Foto: Istimewa

jpnn.com, TANGERANG - Ilmu pendidikan makin berkembang pesat. Kita tidak bisa mendidik anak dengan cara yang diajarkan 20 atau 30 tahun lalu. Metode pembelajaran sistem Multiple Intelligence yang menstimulisasikan 7 dari 8 macam kecerdasan diyakini dapat menjawab tantangan zaman saat ini.

Multiple Intelligence adalah kecerdasan ganda yang dapat dimaknai sebagai kemampuan seseorang untuk menyelesaikan suatu masalah.

Pendiri Starisa School Crissinda Sutadisastra menjelaskan, kecerdasan meliputi daya pikir dan perkembangan kongnitif. Ada 4 perkembangan kognitif yaitu sensorimotor pada anak usia 0-2 tahun, pra operasional 2-7 tahun, operasional konkret 7-12 tahun, dan operasional formal pada usia di atas 12 tahun.

Menurutnya, kecerdasan pada tiap anak yang paling menonjol berbeda-beda jenisnya. Di antaranya ada kecerdasan berbahasa (lingusitik), logika interpersonal, Intrapersonal, kinetik, musikal, naturalis, dan spasial.

"Ada anak yang punya banyak jenis kecerdasan yang menonjol, atau hanya menonjol beberapa di antaranya saja," ucap Crissinda Sutadisastra saat ditemui di acara Icefest, BSD, Tangerang.

Crissinda menambahkan, saat memberikan materi pembelajaran kepada anak-anak didiknya, Starisa School memberikan stimulasi secara rutin. Semakin sering dan teratur memberikan rangsangan kepada anak, maka semakin kuat hubungan antar sel-sel otak tersebut. Semakin komplek dan kuat hubungan antar sel-sel otak, maka semakin tinggi kecerdasan majemuk anak di kemudian hari.

"Harus dilakukan perangsangan setiap hari pada semua sistem indera, seperti pendengaran, penglihatan, perabaan, penciuman, pengecapan, dan lainnya dengan cara menyenangkan dan suasana seperti sedang bermain," tuturnya.

Dia mencontohkan, untuk merangsang kecerdasan berbahasa verbal, ajaklah anak bercakap-cakap, membacakan cerita berulang-ulang, bisa juga dengan menyanyikan lagu. Sedangkan untuk melatih logika matematika dengan cara mengelompokkan, menyusun, merangkai, menghitung mainan, congklak, sempoa, puzzle, dan lain-lain.(mg7/jpnn)

Multiple Intelligence adalah kecerdasan ganda yang dapat dimaknai sebagai kemampuan seseorang untuk menyelesaikan suatu masalah.

Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close