Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

MHI Pertanyakan Independensi BANI

Selasa, 27 September 2011 – 11:08 WIB
MHI Pertanyakan Independensi BANI - JPNN.COM
JAKARTA - Aktivis Masyarakat Hukum Indonesia (MHI), AH Wakil Kamal mempertanyakan integritas dan independensi Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) terkait putusan perkara antara Weatherford International (WII) selaku induk perusahaan PT Wira Insani untuk membayar PT Gear Capital dan sesama pemohon PT Carana Bunga Persada sebesar 8 juta dollar Amerika Serikat.

"Keikutsertaan PT Carana Bunga Persada sebagai pemohon adalah di luar konteks perselisihan karena perselisihan yang terjadi hanya antara PT Wira Insani dengan PT Gear Capital," kata Wakil Kamal, di Jakarta.

Dengan dikabulkannya permohonan pemohon oleh BANI, kata Wakil Kamal, ini dianggap sebagai kejanggalan. "Mengapa BANI dengan mudahnya mengabulkan permohonan pemohon tanpa melakukan verifikasi terhadap entitas bisnis yang mengajukan permohonan arbitrase, yaitu terhadap PT Carana Bunga Persada karena perusahaan tersebut bukan pihak yang memiliki kepentingan langsung dalam mengajukan pemohonan dalam kasus arbitrase ini."

Dalam proses perselisihan kasus arbitrase ini, lanjutnya hanya antara PT Wira Insani dan PT Gear Capital yang melakukan perjanjian yang disengketakan. "Proses hukum yang dilakukan oleh BANI bisa menimbulkan kekhawatiran bagi penegakkan hukum di Indonesia karena PT Carana Bunga Persada tidak punya keterkaitan langsung dengan perkara," ungkapnya.

JAKARTA - Aktivis Masyarakat Hukum Indonesia (MHI), AH Wakil Kamal mempertanyakan integritas dan independensi Badan Arbitrase Nasional Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close