Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Miangas, Pulau Pertama Operasikan Pembangkit secara Hybrid

Selasa, 21 Mei 2013 – 06:47 WIB
Miangas, Pulau Pertama Operasikan Pembangkit secara Hybrid - JPNN.COM
JAKARTA – Pulau Miangas, Sulawesi Utara tercatat sebagai pulau pertama di Indonesia yang mengoperasikan pembangkit listrik secara hybrid. Pasalnya, di pulau terdepan Indonesia yang berada di sisi paling utara ini dilayani oleh tiga pembangkit, dimana dengan pengaturan pembangkit tenaga surya sebagai pembangkit utama yang dioperasikan bersama pembangkit tenaga biomassa, dan pembangkit diesel yang hanya sebagai back up jika sewaktu-waktu diperlukan.

 

Direktur PLN Operasi Indonesia Timur, Vickner Sinaga menyebutkan, di Miangas beroperasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasita 85 kilowatt peak (kWp), Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTB) berkapasitas 40 kilowatt (kW) yang memanfaatkan potensi tempurung kelapa yang banyak tersedia di Miangas, dan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) 2x40 kW untuk melayani 200 pelanggan.

 

“Selain itu, Miangas juga berhasil menjadi pulau dengan penggunaan 100 persen listrik prabayar oleh sekitar 200 pelanggan,” kata Vickner dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/5).

 

Atas pencapaian ini, Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan penghargaan ke-5973 kepada PLN selaku inisiator dan pelaksana dalam mewujudkan pengoperasi pembangkit hybrid dan menjadikan Miangas sebagai pulau 100 persen listrik pintar.

JAKARTA – Pulau Miangas, Sulawesi Utara tercatat sebagai pulau pertama di Indonesia yang mengoperasikan pembangkit listrik secara hybrid. Pasalnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close