Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Microsoft Serius Kembangkan Komputer Cerdas

Senin, 02 Maret 2009 – 18:13 WIB
Microsoft Serius Kembangkan Komputer Cerdas - JPNN.COM
SEATTLE - Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), mungkin selama ini masih lebih banyak ditemukan dalam kisah film. Namun hal itu bukan tak mungkin dicapai, apalagi jika melihat apa yang belakangan tengah diupayakan oleh nama raksasa di dunia teknologi komputer, Microsoft.

Salah satu contoh yang mereka tampilkan, dalam sebuah ekspos baru-baru ini, adalah program komputer berbasis AI bernama Laura. Sebagaimana dikutip The New York Times, karakter ini pada dasarnya adalah asisten pribadi (aspri) virtual bagi setiap orang yang membutuhkan namun tak sanggup menggaji orang.

Dirancang dan dikembangkan oleh para peneliti di Microsoft, Laura tampil dalam wujud kepala seorang wanita yang bisa berbicara sendiri di layar komputer. Pengguna atau atasannya dapat berbicara padanya, dan memintanya melakukan tugas-tugas dasar seorang aspri, macam mengatur agenda meeting, mem-booking penerbangan, dan sebagainya.

Namun yang mengagumkan lebih dari sekadar itu. Laura punya kemampuan mengambil sendiri keputusan terbaik, layaknya manusia, berdasarkan orang yang berkomunikasi dengannya di depan komputer. Intinya, ia dapat mengenali karakter dan perubahan raut wajah serta tindak-tanduk orang, lalu menyimpulkan dan menyesuaikannya dengan keputusan atau tindakan yang akan ia ambil.

SEATTLE - Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), mungkin selama ini masih lebih banyak ditemukan dalam kisah film. Namun hal itu bukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close