Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Milad ke-109 Muhammadiyah, Ahmad Basarah Puji Gerakan Sosial dan Islam Moderat

Kamis, 18 November 2021 – 14:25 WIB
Milad ke-109 Muhammadiyah, Ahmad Basarah Puji Gerakan Sosial dan Islam Moderat - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah berharap Muhammadiyah tetap menyemai gagasan moderasi Islam di usianya yang telah mencapai 109 tahun.

“Sejak berdiri, Muhammadiyah memperjuangkan gagasan Islam moderat dengan mengembangkan berbagai aktivitas yang dikenal sebagai amal usaha dalam bidang pendidikan, rumah sakit, panti asuhan, dan belakangan pemberdayaan kaum mustadhafin,” kata Ahmad Basarah, Kamis (18/11).

Muhammadiyah yang didirikan KH Ahmad Dahlan pada 18 November 1912 di Yogyakarta kini memiliki 104 rumah sakit dan lebih dari 300 klinik dan unit pelayanan kesehatan di banyak daerah terpencil.

Organisasi ini juga memiliki 3.334 sekolah dan 167 perguruan tinggi, terdiri atas 65 universitas, 17 institut, 71 sekolah tinggi, tiga politeknik, tiga akademi, serta delapan Perguruan Tinggi 'Aisyiyah.

Muhammadiyah mempunyai 10 fakultas kedokteran dengan 700 lulusan setiap tahun untuk memenuhi kebutuhan tenaga dokter di daerah.

"Gerakan sosial Muhammadiyah di bidang pendidikan dan kesehatan sangat luar biasa. Muhammadiyah adalah organisasi non-pemerintah terbesar di dunia," puji ketua DPP PDI Perjuangan itu.

Dia optimitis jika semua sekolah dan perguruan tinggi Muhammadiyah terus menyebarkan moderasi Islam, kebhinekaan di Indonesia akan terawat baik dan NKRI terus terjaga.

Ahmad Basarah juga berharap dengan spirit dan jiwa 'Islam Berkemajuan', Muhammadiyah terus istiqomah menjadi gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar.

Sejak didirikan KH Ahmad Dahlan pada 18 November 1912 di Yogyakarta, Muhammadiyah selalu hadir setiap negara memanggil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close