Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Minuman Manis Bisa Menyebabkan Serangan Jantung, Stroke dan Diabetes

Selasa, 06 Oktober 2015 – 15:13 WIB
Minuman Manis Bisa Menyebabkan Serangan Jantung, Stroke dan Diabetes - JPNN.COM
ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com - Minuman ringan dan minuman manis lainnya benar-benar bisa merusak kesehatan jantung. “Gula yang ditambahkan kedalam soda, minuman buah, the manis dan minuman energi lainnya memengaruhi tubuh dengan cara yang bisa meningkatkan risiko serangan jantung, penyakit jantung dan stroke,” kata penulis studi, Vasanti Malik, seperti dilansir laman Health, Senin (5/10).

Mengonsumsi satu atau dua porsi sehari minuman manis telah dikaitkan dengan risiko 35 persen lebih besar dari serangan jantung atau penyakit jantung fatal, 16 persen peningkatan risiko stroke dan sebanyak 26 persen peningkatan risiko mengembangkan tipe 2.

“Mengurangi konsumsi minuman ini bisa merupakan salah satu langkah yang bisa memiliki dampak positif,” kata Malik.

“Laporan, yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology, merupakan bagian dari penelitian terbaru pada kelebihan gula sebagai risiko penyakit jantung," kata seorang ahli diet klinis, Marina Chaparro.

Satu kaleng soda biasa mengandung sekitar 35 gram gula yang sama dengan hampir sembilan sendok teh.

Produsen minuman manis paling sering menggunakan baik gula meja atau sirup jagung fruktosa untuk mempermanis minuman.

Para peneliti percaya baik fruktosa dan glukosa merusak jantung dan menyebabkan insulin meningkat yang bisa mengarah pada pengembangan diabetes tipe 2. Diabetes merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung.

Fruktosa juga menyebabkan masalah kesehatan jantung tetapi dengan cara yang lebih berbahaya. Fruktosa bisa mendorong jantung untuk melepaskan trigliserida dan kolesterol jahat LDL ke dalam aliran darah.

Minuman ringan dan minuman manis lainnya benar-benar bisa merusak kesehatan jantung. “Gula yang ditambahkan kedalam soda, minuman buah, the

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close