Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Miris..Sekolah Tutup karena Sepi Siswa

Kamis, 27 Oktober 2016 – 10:53 WIB
Miris..Sekolah Tutup karena Sepi Siswa - JPNN.COM
SDN 2 Bedingin yang sepi siswa.Foto:dok JPG/Jawa Pos

jpnn.com - PONOROGO - Nasib yang menyedihkan terjadi di Kecamatan Sambit. SDN 2 Bedingin.

Sekolah itu terpaksa tutup mulai tahun ajaran baru Juli lalu. Permasalahannya, sudah tidak ada lagi siswa baru yang mendaftar.

Kondisi itu dilatarbelakangi berbagai faktor.

 Mulai suksesnya program keluarga berencana (KB), orang tua yang pilih-pilih sekolah, hingga masalah tenaga pendidik yang minim.

"Hanya ada 13 siswa. Delapan siswa kelas VI dan lima siswa di kelas V," ujar Sayid Sirojudin Ahmad, mantan penjaga SDN 2 Bedingin, kemarin (26/10).

Dia menambahkan, sekolah bekas tempatnya bekerja tersebut kali terakhir menerima siswa baru pada tahun ajaran 2011/2012.
Saat itu hanya seorang siswa yang mendaftar. Pihak sekolah akhirnya menyarankan siswa yang bersangkutan untuk memilih sekolah lain.

Menurut Sayid, siswa tersebut akhirnya bersekolah di SD kecamatan tetangga dengan jarak tempuh sekitar 1 kilometer dari rumahnya.

"Sejak saat itu, sudah tidak ada lagi yang mendaftar. Jadi, tahun ini tidak memiliki siswa dari kelas 1 sampai kelas IV ," imbuhnya.

PONOROGO - Nasib yang menyedihkan terjadi di Kecamatan Sambit. SDN 2 Bedingin. Sekolah itu terpaksa tutup mulai tahun ajaran baru Juli lalu. Permasalahannya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close