Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

MK Tolak Uji Materi yang Diajukan Partai Gelora, Fahri Hamzah Bereaksi

Senin, 11 Juli 2022 – 11:09 WIB
MK Tolak Uji Materi yang Diajukan Partai Gelora, Fahri Hamzah Bereaksi - JPNN.COM
Reaksi Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah setelah MK tolak uji materi yang diajukan parpolnya. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Fahri Hamzah menyayangkan keputusan MK yang menolak uji materi Pasal 167 Ayat 3 dan Pasal 347 Ayat 1 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Menurut Fahri, MK menyatakan PKS memiliki legal standing saat mengajukan uji materi Pasal 167 dan Pasal 347.

Namun, hakim MK menolak melanjutkan sidang dan berhenti di pemeriksaan permohonan.

"Itulah yang kami sayangkan setelah dua aspek ini dipertimbangkan oleh Majelis Hakim MK, yaitu aspek legal standing dan dasar pengajuan diterima, justru majelis hakim menolak untuk meneruskan sidang," kata Fahri melalui keterangan persnya, Senin (11/7).

Dia melanjutkan pendirian MK sebenarnya bisa berubah apabila ada pemeriksaan pokok perkara uji materi yang diajukan Partai Gelora.

Ke depan, Fahri berharap MK bisa membuka ruang debat di persidangan apabila ada pihak lain yang menggugat Pasal 167 Ayat 3 dan Pasal 347 Ayat 1 UU Nomor 7 Tahun 2017 terkait keserentakan Pemilu.

"Jadi, sekali lagi, legal standing Partai Gelora diterima, alasan permohonan dianggap baru dan belum pernah dipakai, artinya diterima, tetapi sidang tidak diteruskan karena para hakim MK anggap belum perlu berubah sikap," ungkap dia.

Sebelumnya, MK menolak permohonan judicial review atau uji materi bernomor 35/PUU-XX/2022 yang diajukan Partai Gelora yang diwakili oleh Muhammad Anis Matta, Mahfuz Sidik. 

Fahri Hamzah menyayangkan keputusan MK yang menolak uji materi Pasal 167 Ayat 3 dan Pasal 347 Ayat 1 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close