Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Moeldoko: Saya Bangga jadi Lulusan Universitas Terbuka

Senin, 25 November 2019 – 18:28 WIB
Moeldoko: Saya Bangga jadi Lulusan Universitas Terbuka - JPNN.COM
Rektor UT Prof Ojat Darojat (kedua dari kiri) dan Kepala KSP Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, TANGSEL - Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengaku bangga menjadi lulusan Universitas Terbuka (UT).

Kebanggaan itu lantaran sudah banyak tokoh yang telah lulus dari UT seperti almarhumah Ny Ani Yudhoyono, Ny Agum Gumelar, Dewi Motik, dan lainnya.

"Kalau ada mahasiswa malu kuliah di UT, itu salah. Saya saja bangga jadi lulusan UT. Saya tidak malu katakan saya lulusan UT," kata Moeldoko saat menjadi pembicara seminar wisuda sekaligus pelantikan pengurus baru Ikatan Alumni UT (IKA-UT) di Kampus UT, Tangerang Selatan, Senin (25/11).

Dia membandingkan jumlah mahasiwa UT di Inggris dan India yang jumlahnya sangat banyak. Sebaliknya di Indonesia mahasiswa UT-nya hanya 500 ribu orang. Padahal Indonesia penduduknya lebih banyak tetapi jumlahnya masih kurang.

Hal ini, harus jadi perhatian bersama karena UT adalah universitas masa depan di era digitalisasi.

"UT harus jadi pencetak SDM unggul dan berkarakter. Lihatlah orang Australia, yang lebih bangga bila anaknya disiplin dan mau antre, dibandingkan nilai matematikanya tinggi. Ini yang harus jadi perhatian kita. Buat apa memelihara orang cerdas tapi akan membahayakan negara. Harus dibentuk anak-anak berkarakter kuat," bebernya.

Moeldoko yang secara resmi dilantik sebagai ketua IKA-UT mengatakan, ingin menempatkan IKA-UT sebagai iembatan antara UT dengan pemerintah. Seperti dialami mahasiswa UT di Papua yang mengalami kesulitan soal jaringan internet untuk kuliah jarak jauh.

"Masalah-masalah seperti itu bisa kami sampaikan kepada Menkominfo untuk memudahkan akses menjangkau UT," ujarnya.

Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko terpilih menjadi Ketua Ikatan Alumni Universitas Terbuka alias IKA-UT.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close