Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Monyet Surili Masih Berkeliaran, BKSDA Pasang Perangkap

Selasa, 21 Januari 2020 – 11:39 WIB
Monyet Surili Masih Berkeliaran, BKSDA Pasang Perangkap - JPNN.COM
llustrasi Surili Jawa. Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan

jpnn.com, CIANJUR - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) wilayah I Jawa Barat memasang dua perangkap dan alat pendeteksi untuk menangkap monyet surili yang berkeliaran di Desa Sukarharja, Kecamatan Cibeber, Cianjur.

"Kami memasang dua perangkap di tempat yang kerap kali surili terlihat. Kami akan terus melakukan pencarian dan mengevakuasi primata langka endemik Jabar itu," kata Kepala Seksi BBKSDA Wilayah II Bidang Wilayah I Jabar Nur Lestari di Cianjur, Senin (20/1).

Saat ini, ungkap dia, pihaknya masih melakukan pemantauan di sejumlah tempat, untuk memastikan keberadaan surili yang beberapa hari lalu sempat terlihat berkeliaran di atas atap mesjid.

Ia menjelaskan, pihaknya belum bisa memastikan apakah surili tersebut merupakan peliharaan yang lepas atau terpisah dari kelompoknya karena Kecamatan Cibeber bukan habitatnya.

"Kami akan pantau apakah peliharaan yang lepas atau bukan, namun besar kemungkinan mereka berada di Desa Sukaraharja karena banyak pohon buah, sehingga mereka betah berada di sana," katanya.

Untuk membantu pencarian, Camat Cibeber Ali Akbar mengatakan telah mengeluarkan imbauan pada warga melalui aparat desa agar tidak memburu atau menembak surili yang merupakan hewan dilindungi dan segera melapor jika melihat keberadaan primata tersebut.

"Kami banyak menerima laporan warga yang melihat keberadaan surili tersebut secara terpisah di beberapa desa. Harapan kami dapat segera dievakuasi karena dikhawatirkan ada yang memburu atau menembak primata tersebut," katanya. (antara/jpnn)

BBKSDA Jawa Barat memasang dua perangkap dan alat pendeteksi untuk menangkap monyet surili yang berkeliaran di Cianjur.

Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close