Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Monyet Surili Teror Warga Cianjur

Kamis, 16 Januari 2020 – 20:41 WIB
Monyet Surili Teror Warga Cianjur - JPNN.COM
Surili primata endemik Jawa Barat yang sempat dijadikan maskot pada PON XIX terlihat berkeliaran di atap balai Desa Sukaraharja, Kecamatan Cibeber, Cianjur. Foto: ANTARA/Ahmad Fikri

jpnn.com, CIANJUR - Warga Desa Sukaraharja, Kecamatan Cibeber, Cianjur, diteror monyet surili yang merupakan spesies primata endemik Jawa Barat.

"Kehadiran tiga ekor surili itu menghebohkan warga karena primata langka tersebut terlihat di sejumlah tempat dan terakhir sempat berkeliaran di atas atap balai desa," kata Kasi Pemerintahan Desa Sukarahaja Budi Komara, Kamis (16/1).

Ia menuturkan, surili yang merupakan primata endemik Jawa Barat yang hampir punah dan sempat dijadikan Maskot PON 2016 yang digelar di Bandung, sudah terlihat berkeliaran di desa tersebut sejak dua bulan terakhir.

Tiga ekor surili pertama kali terlihat warga mencari buah di sekitaran makam di Kampung Pasirdogong, Desa Sukaraharja yang lokasinya terletak di belakang kantor desa.

"Salah satunya berukuran besar sekitar 60 centimeter dengan bulu warna putih dan hitam dan dua ekor lainnya berukuran kecil sekitar 40 centimeter dengan warna yang hampir sama," katanya.

Hingga saat ini, tidak ada warga yang berani menangkap atau memberi makan ketiga ekor primata yang tidak tahu pasti asal muasalnya karena ungkap Budi, Desa Sukaraharja tidak memiliki hutan lindung.

"Setahu kami habitat surili di hutan yang memiliki pohon tinggi seperti kawasan Gunung Gede Pangrango dan hutan lain di Jabar. Kami berharap ada dinas atau instansi terkait untuk menangkap dan membawa kembali surili ke habitatnya," kata Budi.

Sementara beberapa orang warga yang sempat melihat kehadiran primata langka tersebut, mengatakan tidak berani menangkap atau memberi makan sekalipun karena beredar kabar kalau hewan tersebut bukan hewan sembarangan.

Monyet surili spesies primata endemik Jawa Barat dan sempat dijadikan Maskot PON 2016 yang digelar di Bandung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close