Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Moratorium Reklamasi Masih Berlaku, Izin Amdal Harus Diperbaiki

Selasa, 04 Oktober 2016 – 23:05 WIB
Moratorium Reklamasi Masih Berlaku, Izin Amdal Harus Diperbaiki - JPNN.COM
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. FOTO: Dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Analisis Masalah dan Dampak Lingkungan reklamasi Teluk Jakarta masih harus diperbaiki.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan, reklamasi di Teluk Jakarta yang dimoratorium masih harus menunggu perbaikan AMDAL.

Sebab, ujar Siti, masih ada beberapa aspek khususnya mengenai dampak bagi masyarakat belum terpenuhi. Menurut dia, secara umum reklamasi diperbolehkan berdasarkan undang-undang.

"Tapi, dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan, sosial, ekonomi, dan mitigasi," kata Siti saat diskusi publik bertajuk "Kebijakan Reklamasi: Menilik Tujuan, Manfaat, dan Efeknya" di kantor KPK, Selasa (4/10).

Menurutnya, salah satu yang diminta pemerintah pusat terkait reklamasi Teluk Jakarta adalah perbaikan AMDAL.

Dia mengatakan, AMDAL harus  lebih menjelaskan rencana jangka panjang reklamasi, manfaat, dan sistem integrasi sosial yang perlu dibenahi.  Selain itu, juga  harus menjelaskan penanganan mitigasi,  risiko dan dampak lingkungan, banjir daratan, penyediaan air bersih, dan peningkatan kualitas badan sungai.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, AMDAL akan menentukan apakah proyek reklamasi berlanjut atau tidak.

"Termasuk di situ analisis dampak sosialnya oleh KLHK, apakah masyarakat menolak atau setuju akan masuk dalam AMDAL," ujarnya di kesempatan itu.

JAKARTA - Analisis Masalah dan Dampak Lingkungan reklamasi Teluk Jakarta masih harus diperbaiki. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close