Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

MPR RI Dorong Gerakan Pelestarian Kebudayaan Nasional

Senin, 21 Februari 2022 – 19:31 WIB
MPR RI Dorong Gerakan Pelestarian Kebudayaan Nasional - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyatakan, dukungan terhadap kebudayaan warisan nenek moyang harus direalisasikan dengan mewujudkan kepedulian masyarakat.

Selain itu, diperlukan kebijakan yang mendorong gerakan pelestarian budaya yang terukur dan menyeluruh di tanah air.

"Produk-produk kebudayaan warisan nenek moyang kita yang memiliki nilai luhur budaya bangsa harus dipahami secara utuh oleh setiap anak bangsa," kata Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat, Senin (21/2).

Menurut dia, masalah terbesar dari bangsa yang memiliki banyak warisan budaya ini adalah kurangnya menghargai budaya sendiri.

Rerie, sapaan akrab Lestari, menuturkan bahwa perhatian dan dukungan yang kurang memadai terhadap kebudayaan bangsa kita mengakibatkan makin langka orang memilih profesi sebagai penggiat seni seperti pembatik, dalang, dan pengukir.

Menurut Rerie, agar menghargai kebudayaannya sendiri, mereka harus memiliki pemahaman yang mendalam terhadap berbagai budaya warisan nenek moyang.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berpendapat, dibutuhkan upaya strategis dan berkelanjutan untuk mewujudkan kebangkitan kebudayaan nasional lewat gerakan yang melibatkan semua pihak yang terkait. 

Tujuannya, gerakan membangkitkan kebudayaan nasional tidak hanya slogan, tetapi juga berdampak langsung pada pengembangan ekosistem kebudayaan.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyatakan, dukungan kebudayaan warisan nenek moyang harus direalisasikan dengan mewujudkan kepedulian masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close