Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mubarak Ditenggat Jumat

Demo Sejuta Orang, Tuntut Mundur sebelum Transisi Demokrasi di Mesir

Rabu, 02 Februari 2011 – 06:45 WIB
Mubarak Ditenggat Jumat - JPNN.COM
KRISIS - Ramainya khalayak warga dan demonstran di Tahrir Square, Kairo, Selasa (1/2). Foto: Reuters TV.
KAIRO - Tuntutan supaya Presiden Mesir Hosni Mubarak mundur dari kekuasaannya sudah menjadi harga mati. Unjuk rasa besar-besaran di Mesir terus berlangsung. Hal itu terbukti dari aksi penggalangan massa besarnya partisipasi warga untuk menghadiri pawai atau arak-arakan sejuta orang (marches of a million) kemarin (1/2).

Lautan manusia memenuhi Lapangan Tahrir, pusat Kota Kairo, sambil membawa berbagai spanduk dan bendera Mesir. Lokasi tersebut memang menjadi titik utama atau pusat kegiatan unjuk rasa antipemerintah sejak Selasa pekan lalu (25/1). Selain di Kairo, aksi penggalangan sejuta massa berlangsung bersamaan di Alexandria, kota terbesar kedua di Mesir; dan Suez.

Meskipun aksi kemarin belum mampu memaksa mundur Mubarak, kelompok oposisi dan demonstran tidak patah arang. Massa memberikan tenggat waktu kepada Mubarak untuk mundur paling lambat Jumat lusa (4/2).

Deadline yang ditetapkan oposisi itu disampaikan oleh Mohamed ElBaradei, pemimpin unjuk rasa antipemerintah, kepada stasiun televisi Al-Arabiya. "Saya mendengar dari para peserta unjuk rasa bahwa mereka ingin (kekuasaan Mubarak) ini berakhir. Jika tidak hari ini (kemarin, Red), maksimal Jumat nanti (Mubarak harus mundur)," kata ElBaradei.

KAIRO - Tuntutan supaya Presiden Mesir Hosni Mubarak mundur dari kekuasaannya sudah menjadi harga mati. Unjuk rasa besar-besaran di Mesir terus berlangsung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close