Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

MUI: Banyak Masyarakat yang Salah Paham Soal Fatwa Ibadah di Tempat Umum

Kamis, 19 Maret 2020 – 16:40 WIB
MUI: Banyak Masyarakat yang Salah Paham Soal Fatwa Ibadah di Tempat Umum - JPNN.COM
Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Sholeh di Jakarta, Selasa (4/12/2018). Foto: kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Sholeh mengatakan masih ada sebagian masyarakat yang salam paham dengan fatwa nomor 14 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi wabah virus corona atau covid-19.

Menurut dia, fatwa itu bukan berarti MUI melarang umat Islam untuk beribadah di tempat umum, namun hanya berupa imbauan.

“Belakangan ini pro kontra yang ada dikarenakan masyarakat salah paham dalam pemahaman fatwa,” kata dia kepada wartawan di Jakarta, Kamis (19/3).

Asrorun menerangkan, MUI telah mengeluarkan fatwa dan melakukan rapat evaluasi yang diikuti oleh 37 anggota komisi Fatwa MUI secara online. Dalam rapat baru diketahi adanya kesalahpahaman di tengah masyarakat.

Asrorun menjelaskan, fatwa tersebut bukan larangan melaksanakan ibadah di tempat umum, melainkan imbauan jika seseorang terkena virus corona maka dia tidak boleh menjalankan ibadah di tempat umum.

"Seseorang terkena virus covid maka dia tidak boleh berada di komunitas publik termasuk untuk kepentingan ibadah publik, bukan berarti meniadakan ibadah tetapi semata kepentingan memberikan perlindungan agar tak menular ke yang lain,” kata dia.

Selanjutnya, ketika seseorang dalam kondisi sehat dan berada di kawasan rendah terjangkit virus corona maka kewajiban ibadah tetap dilaksanakan. “Harus dengan catatan memperhatikan protokol kesehatan, sosial dan bermasyarakat,” ujar dia. (cuy/jpnn)

Menurut Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh, masyarakat salah memahami fatwa itu. Fatwa itu hanya imbauan bukan larangan ibadah.

Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Jaga Hati

    Rabu, 24 April 2024 – 07:07 WIB
    Jaga Hati - JPNN.com
  • Pilpres

    Sikap MUI Terhadap Putusan MK,  Pimpinan Parpol Sebaiknya Legawa

    Selasa, 23 April 2024 – 11:00 WIB
    Sikap MUI Terhadap Putusan MK,  Pimpinan Parpol Sebaiknya Legawa - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Zeni

    Sabtu, 13 April 2024 – 08:46 WIB
    Zeni - JPNN.com
  • Entertainment

    MUI Minta KPI Beri Sanksi untuk Tiga Stasiun TV yang Menayangkan 4 Acara ini

    Rabu, 10 April 2024 – 09:39 WIB
    MUI Minta KPI Beri Sanksi untuk Tiga Stasiun TV yang Menayangkan 4 Acara ini - JPNN.com
X Close