Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nadiem Makarim Optimistis Gernas BBI Mendongkrak UMKM

Jumat, 24 September 2021 – 20:26 WIB
Nadiem Makarim Optimistis Gernas BBI Mendongkrak UMKM - JPNN.COM
Mendikbudristek Nadiem Makarim saat peluncuran Gernas BBI Aroma Maluku. Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim optimistis Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) akan mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

Menurutnya, Gernas BBI juga sekaligus menjadi sarana menyosialisasikan program pendidikan vokasi yang sangat erat dengan inovasi dan kewirausahaan, serta program-program pemajuan kebudayaan.

“Gernas BBI akan mendorong UMKM di Maluku untuk mempromosikan narasi rempah dan kekayaan alam Maluku melalui digital marketing sehingga potensi skala lokal bisa maju ke panggung global,” tutur Nadiem Makarim saat peluncuran awal Gernas BBI Aroma Maluku di Jakarta, Jumat (24/9).

Menurutnya, Gernas BBI akan menjadi langkah strategis untuk memulihkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Dia menuturkan bahwa Indonesia maju dan berkelanjutan adalah visi nasional yang harus diwujudkan bersama-sama melalui kolaborasi, inovasi, dan rasa bangga dengan karya-karya anak negeri.

Berbeda dengan kementerian/lembaga lain, Kemendikbudristek mengikutsertakan satuan pendidikan dari berbagai jenjang dan jalur untuk berpartisipasi.

“Di samping untuk meningkatkan mutu satuan pendidikan, kegiatan ini juga bermanfaat untuk menyukseskan Gernas BBI sekaligus menjadi sarana menyosialisasikan pendidikan vokasi yang sangat erat dengan inovasi dan kewirausahaan,” terang Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kemendikbudristek Wikan Sakarinto dalam laporannya.

Dia menjelaskan Gernas BBI Aroma Maluku bertujuan untuk pengembangan UMKM dalam peningkatan ekonomi Indonesia, khususnya pemulihan pascapandemi Covid-19. 

Mendikbudristek Nadiem Makarim meyakini Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) bisa meningkatkan UMKM dan program kewirausahaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close