Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nadiem Makarim Pastikan Pemerintah Tetap Awasi Mutu Perguruan Tinggi

Senin, 27 Januari 2020 – 13:51 WIB
Nadiem Makarim Pastikan Pemerintah Tetap Awasi Mutu Perguruan Tinggi - JPNN.COM
Mendikbud Nadiem Makarim menjelaskan kebijakan Kampus Merdeka, Jumat (24/1). Foto: Humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memastikan akan tetap mengawasi mutu perguruan tinggi (PT) untuk menjaga agar tidak turun.

Ini berkaitan dengan salah satu dari program Kampus Merdeka yang mengatur mengenai akreditasi PT.

Akreditasi PT yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) akan diubah secara otomatis setiap lima tahun.

Selain itu, perguruan tinggi yang terakreditasi B atau C dapat mengajukan kenaikan akreditasi kapanpun secara sukarela.

“Sekarang re-akreditasi sifatnya sukarela, artinya bagi yang siap naik akreditasi, misalnya dari akreditasi B ke A maka dia yang akan diprioritaskan, jadi sifatnya adalah sukarela," kata Nadiem dalam rapat koordinasi kebijakan pendidikan tinggi (Dikti) di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (24/1).

Dengan adanya perubahan kebijakan dalam akreditasi yang memudahkan prodi dan perguruan tinggi tidak membuat pemerintah terlena. Pemerintah, menurut Mendikbud, akan tetap melakukan monitoring.

Jika Kemendikbud mendapatkan pengaduan dari masyarakat yang disertai dengan bukti konkret, maka dapat dilakukan akreditasi ulang.

Misalnya jika didapati jumlah mahasiswa yang mendaftar dan lulus dari perguruan tinggi atau prodi tersebut menurun secara tajam selama lima tahun berturut-turut.

Meski ada Kebijakan Kampus Merdeka, Mendikbud Nadiem Makarim memastikan pemerintah tetap mengawasi mutu perguruan tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close