Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nakes di Jateng Terlindungi Setelah Menerima Vaksin Covid-19

Senin, 22 Februari 2021 – 23:49 WIB
Nakes di Jateng Terlindungi Setelah Menerima Vaksin Covid-19 - JPNN.COM
Vaksin covid-19 gelombang II tiba di Jateng. Foto: Instagram

jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyebutkan angka kematian tenaga kesehatan (nakes) akibat Covid-19 menurun berkat vaksinasi yang gencar digelar. Bahkan, penurunannya cukup drastis.

"Turun drastis, ya angka kejadian maupun angka kematiannya sangat drastis," kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo ditemui usai Rapat Satgas Penanganan Covid-19 di kompleks Kantor Gubernur Jateng, Kota Semarang, Senin (22/2).

Data Dinkes Jateng, nakes terkonfirmasi Covid-19 yang meninggal per 1 Januari 2021-21 Februari 2021 untuk dokter lima orang, perawat tiga orang, bidan dan dokter gigi masing-masing satu orang.

Sementara tren data nakes terkonfirmasi Covid-19 pelaporan 1 Januari -21 Februari mencapai 1.276 orang. Yang mana, trennya terus menurun, misalnya pada 7 Februari-13 Februari ada 86 orang. Kemudian, 14 Februari-21 Februari ada 42 orang.

Yuli menuturkan, saat ini hampir seluruh nakes di Jateng telah menjalani vaksin suntikan pertama. Adapun nakes yang belum divaksin semula menyisakan 10 persen karena faktor komorbiditas, usia, menyusui.

Namun, adanya aturan baru membuat nakes bisa lebih longgar menjalani vaksin. Artinya, nakes lansia, menyusui, hipertensi tidak lebih dari 180, dan lainnya, itu membolehkan nakes divaksin.

"Kurang lebih 1 persen (nakes Jateng yang belum vaksin. 1, 2 persenlah," ucapnya.

Nakes yang belum menjalani vaksin akan tetap divaksin. Bahkan mereka bisa bareng vaksin bersama para pelayanan publik sekarang. "Dibarengkan pelayanan publik, enggak papa," ujarnya.

Angka kejadian maupun angka kematian nakes akibat corona menurun sangat drastis di Jateng setelah ada vaksinasi covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close