Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Namanya Masuk Daftar Panama Papers, Ichsanuddin Noorsy Bilang Begini

Selasa, 12 Oktober 2021 – 01:27 WIB
Namanya Masuk Daftar Panama Papers, Ichsanuddin Noorsy Bilang Begini - JPNN.COM
Ichsanuddin Noorsy. Foto: dokumen JPNN.Com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Ekonomi Politik Ichsanuddin Noorsy menjelaskan tentang Pandora Papers yang belum lama ini menjadi sorotan publik, setelah membuka dokumen rahasia terkait aset tersembunyi sejumlah tokoh dunia.

Dia menjelaskan ada tiga dokumen yang berisi tentang kekayaan rahasia para politikus, miliarder, selebritas, dan lain sebagainya.

"Ada tiga yaitu Pandora Papers, Paradise Papers, dan Panama Papers," kata Ichsanuddin kepada JPNN.com, Senin (11/10).

Mengutip The Guardian baru-baru ini, Pandora Papers mengekspos urusan bisnis luar negeri yang melibatkan 35 pemimpin dunia, keuangan rahasia milik lebih dari 300 pejabat publik lainnya dari sekitar 90 negara.

Sebelumnya, dokumen serupa juga pernah dikabarkan bocor pada lima tahun lalu dengan nama Panama Papers.

Menurut laporan ABC News belum lama ini, jumlah dokumen dan orang yang terungkap dalam Pandora Papers lebih banyak dibanding Panama Papers.

Kemudian, Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional (ICIJ) mendefinisikan Paradise Papers sebagai dokumen yang mengungkap rahasia dari salah satu firma hukum lepas pantai paling bergengsi di dunia, sebuah perusahaan perwalian khusus, dan 19 perusahaan yang terdaftar dalam yurisdiksi kerahasiaan.

Ichsanuddin menjelaskan ketiga dokumen tersebut berisi aktivitas bisnis yang dilakukan oleh orang-orang tertentu untuk tiga tujuan yaitu menghindari pajak, investasi, dan menyembunyikan aset.

Pengamat Ekonomi Politik Ichsanuddin Noorsy Ichsan sendiri mengaku namanya masuk ke dalam dokumen Panama Papers, lantas bagaimana?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close