Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nana Sudjana: Harganas jadi Momentum Percepatan Penurunan Stunting di Jateng

Minggu, 23 Juni 2024 – 11:37 WIB
Nana Sudjana: Harganas jadi Momentum Percepatan Penurunan Stunting di Jateng - JPNN.COM
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana saat "Family Fun Walk" dalam rangkaian peringatan Harganas Ke-31 tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kota Semarang, Minggu (23/6). Foto: Humas Pemprov Jateng.

jpnn.com - SEMARANG – Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menyatakan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-31 menjadi momentum mempercepat penurunan angka stunting (tengkes) di wilayahnya.

"Kami harapkan lewat Harganas ini sosialiasi bebas stunting dan upaya penurunan angka stunting terus dilakukan. Kita harus bahu-membahu bersama," kata Nana di sela "Family Fun Walk" dalam rangkaian peringatan Harganas Ke-31 tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kota Semarang, Minggu (23/6).

Pemprov Jateng bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan instansi terkait lainnya, seperti TNI-Polri, serta dibantu elemen masyarakat bahu-membahu dalam pencegahan dan penanganan tengkes. Sebab, angka tengkes di Jawa Tengah saat ini masih 20,8 persen.

Nana mengatakan bahwa Harganas merupakan momentum untuk melihat kembali pentingnya peran keluarga dalam membentuk karakter bangsa atau generasi muda, sesuai tema besar Harganas Ke-31, yaitu "Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas".

"Harganas ini menjadi pemacu untuk terus memperhatikan keluarga, untuk mencintai keluarga kita. Setiap keluarga harus menjadi keluarga yang bahagia. Keluarga merupakan tonggak dari pelaksanaan (pendidikan) karakter bangsa," ungkapnya.

Family Fun Walk ini diikuti sekitar 5.000 peserta dari berbagai kalangan, mulai anak-anak muda, dewasa, sampai orang tua yang mengajak anaknya. Termasuk pula peserta dari aparatur sipil negara di lingkungan Pemprov Jateng.

Rute Family Fun Walk sejauh kurang lebih tiga kilometer. Dimulai dari halaman kantor gubernur melintasi Jalan Pahlawan, Jalan Sriwijaya, Jalan Singosari Raya, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Kusumawardani, Jalan Pahlawan, dan finis di gerbang kantor gubernur. "Fun Walk ini berkaitan dengan rangkaian Harganas 2024 Provinsi Jawa Tengah," jelas Nana.

Selain Family Fun Walk, rangkaian kegiatan peringatan Harganas ke-31 Provinsi Jawa Tengah ini juga diramaikan dengan acara seremonial di dua tempat berbeda.

Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menegaskan peringatan Harganas jadi momentum percepatan penurunan stunting di Jateng.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close