Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nasdem Belajar Dari Jokowi Untuk 2014

Sabtu, 29 September 2012 – 12:26 WIB
Nasdem Belajar Dari Jokowi Untuk 2014 - JPNN.COM
JAKARTA -- Sekretaris Majelis Nasional Partai Nasional Demokrat (NasDem), Jeffrie menegaskan, faktor figur sangat menentukan kemenangan pada pertarungan pemilihan umum 2014. "Partai politik yang hanya mengandalkan mesin politik dan tetap memertahankan figur atau elit tua akan mudah ditinggalkan oleh pemilih atau rakyat," kata Jeffrie, Sabtu (29/9).

Jeffrie mencontohkan, sudah terbukti munculnya fenomena kemenangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama, di pemilukada DKI Jakarta. Dijelaskan Jeffrie, Jokowi-Basuki hanya didukung dua partai sementara Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli didukung tujuh partai.

"Pertama, publik lebih memilih figur yang sederhana, merakyat, dan jujur. Itu juga menjadi fenomena yang berlaku juga pada pileg dan pilpres 2014," ungkap Jeffrie.

Jeffrie juga menyatakan, kekuatan figur jelas mengalahkan kekuatan politik uang. Bahkan, lanjutnya, kekuatan uang sangat sedikit memengaruhi alektabilitas. Jeffrie menyatakan, kegagalan partai-partai membaca tren soal figur ini bukan tidak mungkin akan membuat mereka gagal pula menghadapi pemilu, terutama pemilu presiden. "Karena capres-capres yang mereka ajukan bukan berasal dari tokoh-tokoh baru yang pro perubahan," ungkapnya lagi.

JAKARTA -- Sekretaris Majelis Nasional Partai Nasional Demokrat (NasDem), Jeffrie menegaskan, faktor figur sangat menentukan kemenangan pada pertarungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA