Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

NasDem Mulai Jajaki Koalisi dengan PDIP

Rabu, 27 November 2013 – 20:58 WIB
NasDem Mulai Jajaki Koalisi dengan PDIP - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA – Jelang Pemilu 2014, sesama partai politik (parpol) semakin gencar melakukan komunikasi. Aktivitas ini ditengarai sebagai penjajakan untuk membentuk koalisi.

Salah satu contohnya pertemuan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) pada Kamis (21/11) lalu. Pertemuan kedua pimpinan parpol itu berlangsung di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Sekjen Partai NasDem, Patrice Rio Capella mengakui adanya pertemuan tersebut. Menurutnya, peluang untuk terciptanya koalisi NasDem-PDIP pasca pemilu memang sangat terbuka.

"Secara ideologi ada kemiripan antara NasDem dan PDIP, karena sama-sama sebagai partai nasionalis," tegas Rio kepada wartawan di Jakarta, Rabu (27/11).

Apalagi, lanjutnya, Paloh dan Mega juga memiliki kedekatan secara personal. Hal ini dapat memudahkan kedua pimpinan parpol untuk menciptakan hubungan yang bersifat 'mutual trust'.

Meski demikian Rio tidak mau terburu-buru bicara banyak soal koalisi antara NasDem dan PDIP. "Hal itu selanjutnya akan jelas setelah pileg selesai," tandasnya.

Sementara itu pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Gun Gun Heryanto berpendapat bahwa saat ini para parpol tengah memetakan berbagai kombinasi pasangan capres dan cawapres yang memungkinkan. Skema koalisi ini kemudian diujicobakan lewat opini media maupun lewat komunikasi tatap muka antarelite.

"Paloh dan NasDem tentu sedang melakukan pemetaan kekuatan dirinya sekaligus menjaga peluang kerjasama dengan partai lain," imbuhnya.

JAKARTA – Jelang Pemilu 2014, sesama partai politik (parpol) semakin gencar melakukan komunikasi. Aktivitas ini ditengarai sebagai penjajakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA