Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nasi Pagar Bikin Gubernur Ganjar Pranowo Penasaran

Senin, 20 Januari 2020 – 07:36 WIB
Nasi Pagar Bikin Gubernur Ganjar Pranowo Penasaran - JPNN.COM
Festival Nasi Pagar 2020 yang digelar di Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama istri. FOTO: ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, GROBOGAN - Festival Nasi Pagar 2020 di Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Minggu (19/1) mampu membuat Gubernur Jateng Ganjar Pranowo penasaran.

Bersepeda dari Kota Semarang, orang nomor satu di Jateng itu mengajak istrinya, Siti Atikoh, untuk menikmati salah satu menu kuliner unik tersebut.

"Seumur hidup saya baru nemu, ada masyarakat makan pagar. Kalau ndak sakti, tidak mungkin, 'untune mesti kuat tenan' (gignya pasti sangat kuat), makanya saya datang jauh-jauh bersepeda dari Semarang ke sini untuk membuktikan," katanya saat menghadiri Festival Nasi Pagar 2020 yang digelar di Kecamatan Godong.

Namun, apa yang ditemui Ganjar ternyata tidak seperti yang dibayangkannya karena menu nasi pagar merupakan olahan penganan lezat yang terdiri dari nasi, sayur mayur seperti daun pepaya, tauge dan srundeng (kelapa parut) yang berasa asin ditambah sayuran lainnya.

Berbeda dengan pecel, nasi pagar diberi mlanding atau petai cina yang tua dan muda, kemudian semua sayuran itu digabung jadi satu dalam sebuah pincuk daun dan disiram menggunakan sambal kacang.

Rempeyek dan bakwan biasanya menjadi pendamping menu makanan itu.

"Ternyata rasanya enak sekali, ini kuliner khas yang dapat dijual ke wisatawan," ujarnya.

Ia mengatakan Jawa Tengah memiliki banyak potensi kuliner khas yang dapat dikembangkan sehingga dirinya sangat senang, saat masyarakat Grobogan menggelar Festival Nasi Pagar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut menikmati Nasi Pagar di Godong, Kabupaten Grobogan, Minggu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close