Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nasib Anggota Parlemen Berkewarganegaraan Ganda

Selasa, 24 Oktober 2017 – 22:00 WIB
Nasib Anggota Parlemen Berkewarganegaraan Ganda - JPNN.COM

Nasib tujuh politisi Federal Australia, termasuk Wakil Perdana Menteri Barnaby Joyce, akan diputuskan oleh Pengadilan Tinggi pada hari Jumat (27/10/2017) siang di Canberra.

Politisi yang mendapat julukan ‘Citizenship Seven’ ini menghadapi kemungkinan dikeluarkan dari Parlemen karena status mereka sebagai warga negara ganda pada saat Pemilu terakhir.

Pasal 44 (1) dari Konstitusi Australia melarang warga negara asing ikut bersaing dalam Pemilu.

Politisi yang terlibat adalah Barnaby Joyce, wakil pemimpin Partai Nasional Fiona Nash, mantan menteri Partai Nasional Matt Canavan, senator Australia Selatan Nick Xenophon, senator dari Partai One Nation, Malcolm Roberts, dan mantan senator dari Partai Hijau, Scott Ludlam dan Larissa Waters.

Pemerintah Australia berpendapat bahwa Wakil Perdana Menteri tidak pernah tahu bahwa dirinya adalah warga negara ganda Australia dan Selandia Baru, dan seharusnya tidak dihukum.

Pengacara Stephen Donaghue QC, yang mewakili Jaksa Agung George Brandis, juga mengemukakan posisi yang sama untuk senator Nash, Canavan dan Xenophon.

Mantan senator dari Partai Hijau, tidak membantah bahwa mereka melanggar peraturan, dan mengklaim bahwa rekan-rekan politisi mereka seharusnya juga dikeluarkan.

Siapa yang berdebat apa?

Nasib Anggota Parlemen Berkewarganegaraan Ganda
Anggota Partai One Nation dan Senate crossbencher, Malcolm Roberts.

ABC News: Marco Catalano

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA