Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nasib Industri Rokok Tradisional Cirebon

Jumat, 25 Juni 2010 – 13:51 WIB
Nasib Industri Rokok Tradisional Cirebon - JPNN.COM
CIREBON - Tidak hanya kerajinan cobek batu saja yang dimiliki wilayah Timur Cirebon (WTC). Kerajinan rokok kretek yang terletak di Desa Astanalanggar, Kecamatan Losari juga bisa dijadikan sumber PAD yang cukup potensial apabila digarap dengan baik.

Pada era tahun 1960-an industri kerajinan rokok kretek Desa Astanalanggar memasuki era keemasannya. Tiap rumah di desa yang bersebelahan langsung dengan sungai Cisanggarung ini hampir membuat rokok kretek. Namun, dengan berjalannya waktu industri padat karya ini mengalami kemunduran. Saat ini hanya ada sekitar 5 pabrik rokok rumahan yang masih bertahan. Itu pun tidak setiap saat beroperasi, tergantung keberadaan modal dan pesanan pasar.

Salahsatunya adalah pabrik rokok (PR) Subur milik H Kusen. Saat Radar mengunjungi pabrik yang terlihat sederhana ini, ada sekitar 12 orang pekerja yang tengah sibuk melinting dan mengepak rokok kretek dengan merek dagang Panah Mas.  Sayangnya, koran ini belum bisa bertemu dengan pemilik, H Kusen karena sedang tidak ada ditempat.

Kuwu Astanalanggar, Gurotin Mas’ud mengatakan kondisi industri rokok kretek yang berada di desanya tengah kembang kempis. Hal ini diakibatkan regulasi pemerintah soal pita cukai. ”Kalau dulu kita setor cukai menggunakan persentase, sekarang menggunakan pita cukai yang diambil dari keuntungan perbatang,” paparnya.

CIREBON - Tidak hanya kerajinan cobek batu saja yang dimiliki wilayah Timur Cirebon (WTC). Kerajinan rokok kretek yang terletak di Desa Astanalanggar,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Bisnis

    Citilink Indonesia Terbangi Kendari

    Sabtu, 17 Juni 2017 – 04:16 WIB
    Citilink Indonesia Terbangi Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru

    Rabu, 07 Juni 2017 – 14:15 WIB
    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru - JPNN.com
  • Bisnis

    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari

    Selasa, 30 Mei 2017 – 14:25 WIB
    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru

    Jumat, 26 Mei 2017 – 16:16 WIB
    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru - JPNN.com
X Close