Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

NATO Buru Bajak Laut Somalia

Minggu, 19 April 2009 – 10:40 WIB
NATO Buru Bajak Laut Somalia - JPNN.COM
Foto: REUTERS
NAIROBI - Kendati masyarakat internasional mulai sibuk merumuskan formula untuk menghentikan sepak terjangnya, bajak laut Somalia tak sedikit pun mengendurkan aksi. Kemarin mereka menyerang sebuah tanker di Teluk Aden. Di saat bersamaan, kawanan perompak yang lain dilaporkan membajak sebuah kapal di Samudera Hindia.

Namun, aksi mereka kali ini dapat digagalkan patroli laut NATO. "Handytankers Magic berbendera Marshall Islands itu mengirimkan sinyal tanda bahaya kepada kami menjelang fajar. Saat itu bajak laut menembaki dan melempari tanker tersebut dengan granat," terang Letnan Komandan Alexandre Santos Fernandes, pejabat Angkatan Laut (AL) Portugal, yang bergabung dengan patroli NATO di kawasan itu kemarin (18/4).

Menangkap sinyal darurat itu, kapal pencegat Belanda yang mendukung patroli NATO segera menghampiri tanker tersebut. Saat mendekati lokasi pembajakan, awak kapal pencegat Belanda itu sempat melihat bajak laut kabur dengan sebuah sampan kecil berwarna putih. Sampan tersebut, menurut Fernandes, diarahkan ke sebuah kapal berbendera Yaman yang dibajak lanun Somalia pekan lalu.

"Bajak laut memanfaatkan kapal berbendera Yaman yang mereka sandera itu sebagai 'kapal induk'," ungkap Fernandes seperti dilansir Associated Press kemarin.

NAIROBI - Kendati masyarakat internasional mulai sibuk merumuskan formula untuk menghentikan sepak terjangnya, bajak laut Somalia tak sedikit pun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close