Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nazaruddin Berperan Bagi-bagi Uang di Proyek e-KTP

Selasa, 24 September 2013 – 11:39 WIB
Nazaruddin Berperan Bagi-bagi Uang di Proyek e-KTP - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Kuasa Hukum Nazaruddin, Elza Syarif mengakatan, klainnya hanya menjadi orang yang disuruh-suruh saja terkait proyek pengadaan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Suami Neneng Sri Wahyuni itu bertugas membagikan duit ke anggota dewan.

"Dia orang yang disuruh-disuruh. Ya dalam ikut rapat membagikan uang  ke DPR," kata kuasa hukum Nazaruddin, Elza Syarif di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Selasa (24/9).

Elza menuturkan, berdasarkan keterangan Nazar sudah ada aliran dana sebelum proyek e-KTP itu berhasil digolkan. Uang itu diserahkan kepada anggota dewan.

"Kata Nazar sudah dibagikan sebanyak uang 250 miliar di mana lima konsorsium masing-masing 50,50 miliar, yang dibagikan kepada oknum DPR RI untuk menggolkan proyek ini. Ketua konsorsiumnya adalah PT PNRI," kata Elza.

Elza tidak menyebut nama-nama yang diduga terlibat dalam dugaan korupsi proyek e-KTP. Ia hanya memastikan ada sesuatu yang tidak benar dalam proyek itu. "e-KTP ini sudah terjadi konspirasi terjadi mark up, terjadi sesuatu yang tidak benar terhadap keuangan negara itu aja," katanya.

Sebelumnya, Nazaruddin menyerahkan data tentang dugaan korupsi pada proyek e-KTP ke KPK, Selasa (27/8). Dalam dokumen yang dibawa Elza ke KPK kala itu, terdapat sejumlah nama-nama tenar.

Nama dari pihak pemerintah yang masuk dalam dugaan korupsi e-KTP versi Nazaruddin itu adalah Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Sekjen Kemendagri Diah Anggraeni, pejabat pembuat komitmen (PPK) Sugiarto, serta ketua panitia lelang e-KTP, Dradjat Wisnu Setiawan.

Sedangkan dari unsur DPR, nama yang terseret antara lain Ketua Fraksi Partai Golkar Setya Novanto, Anas Urbaningrum, pimpinan Badan Anggaran DPR, yakni Melchias Markus Mekeng, Mirwan Amir dan Olly Dondokambey, serta pimpinan Komisi II DPR antara lain Chairuman Harahap, Arief Wibowo dan Ganjar Pranowo.

JAKARTA - Kuasa Hukum Nazaruddin, Elza Syarif mengakatan, klainnya hanya menjadi orang yang disuruh-suruh saja terkait proyek pengadaan kartu tanda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA