Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Nekat ke Gaza, Kapal Pesiar Prancis Ditahan Israel

Rabu, 20 Juli 2011 – 10:42 WIB
Nekat ke Gaza, Kapal Pesiar Prancis Ditahan Israel - JPNN.COM
TEL AVIV - Insiden melibatkan militer Israel kembali terjadi di jalur pelayaran internasional yang menuju Jalur Gaza. Selasa (19/7) Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mencegat dan menahan sebuah kapal pesiar berbendera Prancis di sebelah timur Laut Mediterania. Hal itu terjadi setelah kapal pesiar tersebut diduga mengangkut sejumlah aktivis pro-Palestina.

 

Setelah pencegatan itu, Angkatan Laut IDF melakukan pemeriksaan singkat di atas kapal. Selanjutnya, mereka menggiring kapal tersebut ke Pelabuhan Ashdod di pesisir utara Israel. "IDF sengaja mencegat Al Karama karena kapal itu berusaha menerobos blokir maritim di Gaza," ujar jubir militer Israel mengutip pernyataan resmi yang dirilis IDF.

Dalam keterangannya, IDF menyebutkan bahwa proses penggiringan kapal menuju Pelabuhan Ashdod berjalan lancar. Nyaris tidak ada perlawanan dari para kru dan penumpang kapal tersebut. Sejauh ini tidak ada korban dalam insiden itu.

Menurut IDF, sebelum aksi pencegatan itu, Israel telah berkali-kali mengimbau Prancis lewat jalur diplomatik agar tidak mengizinkan Al Karama bertolak ke Gaza. "Karena seluruh upaya diplomatik yang kami lakukan menemui jalan buntu, maka kami terpaksa melakukan pencegatan," lanjut jubir perempuan yang tidak disebutkan namanya tersebut.

loading...