Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Netanyahu Sebut Perdamaian Arab-Israel Berkah Luar Biasa, tetapi Cemas Palestina Akan Merusaknya

Sabtu, 23 September 2023 – 19:59 WIB
Netanyahu Sebut Perdamaian Arab-Israel Berkah Luar Biasa, tetapi Cemas Palestina Akan Merusaknya - JPNN.COM
Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu. Foto: AFP

jpnn.com, YERUSALEM - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada Jumat (22/9) bahwa Palestina seharusnya tidak memiliki hak untuk memveto perjanjian perdamaian antara Israel dan negara-negara Arab.

"Lebih banyak perdamaian antara Israel dan negara-negara Arab akan semakin meningkatkan harapan untuk menciptakan perdamaian antara Israel dan Palestina," kata Netanyahu dalam pidatonya pada sidang ke-78 Majelis Umum PBB.

Akan tetapi, kata Netanyahu, tidak berarti bahwa Palestina perlu diberi "kekuasaan veto" soal negara-negara Arab menjalin hubungan dengan Israel.

"Perjanjian Abraham menandai dimulainya era perdamaian baru," ujarnya.

Dia menekankan bahwa Israel "ada di titik puncak terobosan yang lebih dramatis, yakni perdamaian bersejarah antara Israel dan Arab Saudi."

Netanyahu menegaskan bahwa perdamaian semacam itu akan membantu mengakhiri konflik Arab-Israel, mendorong negara-negara Arab lainnya untuk menormalisasi hubungan dengan Israel.

Selain itu, ujarnya, langkah tersebut akan meningkatkan masa depan perdamaian dengan Palestina serta mendorong rekonsiliasi yang lebih luas antara Yudaisme dan Islam, Yerusalem dan Mekkah.

"Ini semua adalah berkah yang luar biasa," katanya.

Pembicaraan perdamaian antara Palestina dan Israel mengalami kebuntuan sejak April 2014 lantaran Tel Aviv menolak menghentikan pembangunan permukiman dan membebaskan tahanan Palestina.

Pembicaraan perdamaian antara Palestina dan Israel mengalami kebuntuan sejak April 2014. Kini, negara Zionis itu justru makin mesra dengan negara-negara Arab

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close