Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nevi Zuairina Dorong Pelaku Usaha UMKM Manfaatkan Perkembangan Teknologi

Sabtu, 21 Agustus 2021 – 09:51 WIB
Nevi Zuairina Dorong Pelaku Usaha UMKM Manfaatkan Perkembangan Teknologi - JPNN.COM
Anggota Komisi VI DPR RI Nevi Zuarina. Foto: Humas FPKS DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI Hj Nevi Zuairina saat pelatihan vocational UMKM sektor fashion yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM menyampaikan agar para pelaku UMKM dapat segera Go Digital.

Menurut Nevi, kecepatan penyebaran informasi saat ini menjadi kunci utama dalam hampir setiap bisnis yang ada.

Untuk itu, pemerintah mesti masuk secara intensif dalam pendampingan sehingga percepatan adaptasi perkembangan teknologi dapat cepat terealisasi.

Nevi menjabarkan berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM per Mei 2021, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07 persen atau senilai Rp 8.573,89 triliun.

Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97 persen dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun sampai 60,4% dari total investasi.

Namun, tingginya jumlah UMKM di Indonesia juga tidak terlepas dari tantangan yang ada, apalagi ditengah pandemi seperti saat sekarang ini.

Menurut Nevi, dampak pandemi mendorong shifting pola konsumsi barang dan jasa dari offline ke online, dimana terlihat dengan adanya kenaikan trafik internet berkisar 15-20 persen.

“Hal ini menjadi momentum untuk mengakselerasi transformasi digital. Potensi digital ekonomi Indonesia juga masih terbuka lebar dengan jumlah populasi terbesar ke-4 di dunia dan penetrasi internet yang telah menjangkau 196,7 juta orang,” urai Nevi.

Anggota Komisi VI DPR RI Hj Nevi Zuairina pada pelatihan vocational UMKM sektor fashion yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM menyampaikan agar para pelaku UMKM dapat segera Go Digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close