Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Niatnya Mau Mengelabui Petugas Bea Cukai Jateng dan DIY, Begini Nih Akibatnya

Jumat, 28 Agustus 2020 – 10:09 WIB
Niatnya Mau Mengelabui Petugas Bea Cukai Jateng dan DIY, Begini Nih Akibatnya - JPNN.COM
Petugas Bea Cukai Kanwil Jateng dan DIY tunjukkan pelaku dan barang bukti. Foto Humas Bea Cukai.

jpnn.com, SEMARANG - Sopir dan kernet truk dengan Inisial (AJ) dan (ZP) dibuat tak berkutik oleh petugas Bea Cukai dari Kantor Wilayah Jawa Tengah dan DIY. Upaya keduanya mengelabui tim yang telah mengetahui niat tidak baik mereka pun gagal.

AJ dan ZP dibekuk petugas Bea Cukai wilayah itudi Jalan Kaligawe Raya, Semarang, pada Kamis (20/8). Sopir dan kernet truk ini mencoba mengelabui petugas dengan membuka penutup terpal pada truknya agar terlihat tidak sedang membawa muatan barang yang diketahui berupa rokok ilegal.

Petugas Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY melakukan penindakan terhadap sebuah truk di Jalan Kaligawe Raya, Semarang pada Kamis (20/08). Supir truk mencoba mengelabui petugas dengan membuka penutup terpal pada truk sehingga nampak truk tersebut tidak bermuatan barang.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY, Moch Arif Setijo Nugroho mengatakan penindakan itu didasarkan pada informasi intelijen yang mengetahui aktivitas pemuatan rokok yang diduga ilegal diangkut dari Jepara menuju Jakarta.

“Atas informasi intelijen yang diterima, tim petugas Bea Cukai bergerak melakukan penelusuran di sepanjang Jalan Demak hingga Semarang. Pada pukul 02.20 dini hari petugas berhasil mengamankan sebuah truk yang menjadi target operasi,” ungkap Arif.

Menurut Arif, hingga saat ini peredaran rokok ilegal masih ditemukan di tengah-tengah masyarakat. Selain mengganggu usaha perusahaan legal, keberadaan produk tanpa label cukai itu juga merugikan negara dari sisi penerimaan cukai. Inilah yang terus diawasi dan ditindak oleh Bea Cukai Jateng dan DIY di wilayahnya.

Arif melanjutkan, hasil pemeriksaan pada sarana pengangkut tersebut didapati bahwa truk memuat sebanyak 45 karton rokok berisi 450.000 batang tanpa dilekati pita cukai. Barang bukti yang diamankan diduga senilai Rp 459 juta dengan potensi kerugian negara yang mencapai Rp 266.994.000.

Selain mengamankan barang bukti, petugas juga membawa AJ dan ZP sebagai terduga pelaku ke Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY untuk proses penanganan lebih lanjut.

AJ dan ZP punya trik khusus untuk mengelabui petugas Bea Cukai Kanwil Jateng dan DIY.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close